Brownies Kukus Amanda


Bismillah

Ini dia jajanan yang saya jual di hari kedua jualan di sd. Kenapa brownies? kan budgetnya gede? iya benar...tapi pengen ajalah sesekali kasi yang enak dan elit sedikit buat anak-anak. Untung tipis juga nggak papa. Hehe. Saya pilih brownies kukus amanda, karena browniesnya terkenal lembut dan lezat. Coklatnya juga kerasa. Tengahnya nggak saya kasi lapisan skm seperti amanda, tapi saya ganti coklat meses aja, lebih simpel dan memang kebetulan sih nggak ada skm. Hehe. 

Browniesnya saya buat sehari sebelumnya, karena nggak ada waktu harus dikerjain pas hari H. Karena saya mesti bikin mendoan juga. Maklum ibu rempong anak tiga gini nggak biasa kalau dikejar tenggat. Pengen nyantai sedikit juga. Supaya hasilnya juga maksimal. Jadi yang ribet dikit membuatnya, saya buat sehari sebelumnya dulu seperti tahu kukus, lalu saya simpan di kulkas. Paginya tinggal goreng dan jual. Sip deh. Semoga makin lama makin terbiasa manajemen waktunya ya.

Kalau bicara brownies suka dilema, sukanya yang panggang atau kukus? karena tergandung mood sih. Kadang datang mood pengen brownies panggang ya jadi suka yang dipanggang. Cuma kalau yang dikukus ini lebih nggak ngebosenin karena teksturnya yang lembut, berbeda dengan yang dipanggang yang cenderung padat. Tapi tetap saja keduanya punya kelebihan masing-masing ya. Dan memang sebenarnya brownies itu asalnya dipanggang, cuma belakangan divariasikan menjadi di kukus, karena lidah asia lebih cenderung ke segala yang dikukus. Begitu sepengamat saya. Hehe. Ini ya resep brownies kukus amandanya. 


Resep Brownies Kukus Amanda
Sumber: Bunda Lita

Bahan:

1. 6 butir telur 
2. 225 gram gula pasir 
3. Pasta coklat secukupnya
4. Garam secukupnya 
5. 1sdt emulsifier 
6. 125 gram tepung terigu 
7. 50 gram coklat bubuk 
8. 75 ml susu kental manis
9. 175 ml minyak  goreng 
10. 100 gram dark cooking cokelat, lelehkan, campur dg minyak 

Cara Membuat:

1. Kocok telur gula, emulsifier, garam dan pasta coklat  hingga mengembang dan kaku. 
2. Masukkan campuran tepung terigu dan cokelat bubuk. Aduk perlahan hingga rata. 
3. Masukkan campuran minyak dan coklat yang sudah dicairkan, aduk hingga rata. 
4. Sisihkan sepertiga bagian adonan, beri  susu kental manis, aduk rata. 
5. Bagi 2 adonan tanpa susu kental manis, bagian I kukus selama 10 menit,  Tambahkan adonan dg SKM selama 10 menit.  
6. Terakhir masukkan adonan sisa tanpa SKM Lanjutkan mengukus selama kira kira 20 menit. Angkat. 

Selamat Mencoba ^_^

No comments: