Tahu Fantasi - Tahu Kukus Telur Puyuh


Bismillah

Sengaja bikin snack asin, karena memang satu keluarga suka yang asin-asin. prefer dari kue manis. Kalau cerita tentang tahu kukus ini, inget setiap kali ke hoya selalu beli. Suka banged deh pokoknya. Cuma ini beda dikit sama tahu kukus yang di hoya, ini pakai telur puyuh. Sering dibilang tahu fantasi, karena bentuknya yang unik. Dari zaman kapan itu ya, tahu fantasi ini berseliweran, baik di beranda facebook ataupun di grup masak. Cuma selalu nggak jadi-jadi bikin karena di madinah nggak ada telur puyuh. Alhamdulillah sekarang pas di indonesia bisa bikin deh. Dan ternyata ya, harga telur puyuh lumayan mihil. Padahal saya suka banged telur puyuh. Dan benar saja, anak-anak juga suka sekali. Saya rebus aja mereka habis, bahkan ruqayyah. Ruqayyah setelah disapih alhamdulillah mamnya banyak. Makan bubur, nasi, sari kurma dan kue semua suka. Suprise juga karena pas masih Asi kemarin sedikitpun nggak mau makan, sampai kurus. Alhamdulillah banged sekarang udah montok. Moga begitu terus ya nak. :*

Membuat tahu fantasi ini insyaAllah mudah ya teman-teman. Apalagi buatnya dicetak gitu, tambah mudah aja. Saya cetak menggunakan cucing atau cetakan kue lumpang. Setelah nyoba tahu ini, umi malah bilang supaya ini dijual di SDIT, wah coba saya fikir dulu ya, gimana menyesuaikannya dengan budget supaya nggak mahal jatuhnya.

Ada banyak resep tahu fantasi, rata-rata hampir sama ya. Saya menggunakan resep mba diah didi, hmm sedap. Ini ya resepnya.



Resep Tahu Fantasi- Tahu Kukus Telur Puyuh
Sumber: Diah Didi

Bahan :

1. 300 gram tahu putih. 10 buah telur puyuh
2. 100 gram ayam cincang 
3. 1 buah wortel, serut pakai parutan keju
4. 1 batang daun bawang, iris halus
5. 1 butir telur 
6. Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh'Gula pasir 1/2 sendok teh
7. Garam secukupnya 

Bumbu Halus :

1. 2 siung bawang putih
2. 1/2 sdt merica butiran

Pencelup :

1 butir telur, kocok lepas 

Cara Membuat :

1. Haluskan tahu, campur dengan semua bahan lain dan bumbu halus. Olesi cetakan kue lumpang dengan minyak. Jika mau tes rasa dulu..goreng sedikit adonan sebelum di cetak,cicipi rasanya..udah pas atau belum.
2. Masukkan adonan tahu ke cetakan kue lumpang, taruh 1 telur puyuh di atasnya.
3. Kukus hingga matang kira-kira 20 menit.
4. Dinginkan, lepaskan dari cetakan. Celup ke kocokan telur, lalu goreng hingga kecoklatan.
5. Sajikan dengan cabai rawit atau saus sambal.

Selamat Mencoba ^_^


No comments: