Agar-agar Merah Putih


Bismillah


Bagi pemula, resep yang paling mudah dan anti gagal itu biasanya ya resep membuat agar-agar ataupun puding simpel. Selain itu, agar-agar kaya akan gizi serta bagus untuk pencernaan. Biasanya panas-panas terik di siang hari memang paling nikmat menikmati agar-agar yang dingin maknyes. Walaupun tujuh belas agustus sudah lewat, nggak ada salahnya kan kita buat temanya merah putih. Resepnya dari bu fatmah bahalwan  yaitu resep anti gagalnya. Ini saya dapati di milis NCC. Resep ini juga tayang di buku resep Natural Cooking Club yaitu "60 resep Dessert dan Minuman Anti Gagal".

Grup Natural Cooking Club termasuk grup yang sudah lama eksis di bidang perkulineran. Membernya juga udah banyak. Resepnya bagus dan mudah diuji coba. Karena itu saya suka sekali searching resep dari NCC, apalagi ketika pengen membuat variasi baru olahan kue atau cake. Bahkan buat jualan juga suka intip resepnya NCC. Dulu awal mulanya hanya berupa email dan milis, sekarang grup NCC juga ada di sosial media yang lain. Lebih mudah untuk dicari insyaAllah. Walaupun saya baru beberapa waktu bergabung dengan grup ini, saya mendapatkan banyak manfaat, baik dari resepnya, maupun persaudaraan sesama member ncc. Suka terkagum-kagum dengan kreatifitas para membernya menghasilkan olahan makanan yang unik dan lezat.


Agar-agar mempunyai sejarah bagi saya. Sebelum saya bisa masak ini itu, awal mula mencoba terjun di dapur, saya hanya mampu membuat agar-agar. Itupun tanpa lapisan, satu rasa saja. Lama kelamaan penasaran dengan agar-agar yang berlapis-lapis. Membuat agar merah putih ini juga sekaligus melatih keterampilan saya dalam membuat puding berlapis. Karena tips yang bagus dari bu fatmah, saya pun bisa membuat agar-agar lapis ini. Benar-benar jadi resep anti gagal deh. Bertepatan juga dengan event NCC bulan ini tentang resep anti gagal. Senang sekali dengan event ini, saya bisa lebih tahu resep NCC yang sudah lama ataupun yang jarang kelihatan tapi tentunya resep yang mudah dan cocok untuk amatiran seperti saya. Makin penasaran untuk mencari resep yang berikutnya dan berikutnya.

Ini resep dan tips membuat Agar-agar Merah Putih ya teman-teman. Resep ini juga bisa jadi inspirasi untuk jualan ataupun hidangan acara dan pesta.


Resep Agar-agar Merah Putih

Bahan A:

1. 1 bungkus agar-agar warna putih
2. 600 ml susu cair
3. 100 gram gula pasir
4. 1 sdt vanilli

Bahan B:

1. 1 bungkus agar-agar warna merah
2. 600 ml air
3. 100 gram gula pasir
4. 2 tetes pewarna merah

Cara Membuat:

1. Siapkan cetakan agar-agar bentuk tabung, basahi air, sisihkan.
2. Masak bahan A hingga mendidih, sisihkan.
3. Masak bahan B hingga mendidih, sisihkan.
4. Tuang 1 sendok sayur adonan B kedalam cetakan, biarkan hingga bagian atasnya membeku tapi belum kencang seluruhnya, lalu tuang diatasnya adonan A.
5. Bila menghendaki banyak lapisan, lakukan pengisian adonan berselang-seling hingga adonan habis. Bekukan dalam lemari es.


Selamat Mencoba ^_^



Tips:

Agar sisa adonan yang menunggu tidak segera membeku, rendam mangkuknya di air panas. Sementara loyang pudding yang sedang dilapis direndam di air es sehingga cepat membeku.



No comments: