Bakpia isi Coklat


Bismillah

Buat bakpia yuk. Walaupun sekarang setelah tinggal di indonesia, bakpia mudah dicari, tapi tetap aja buatan sendiri itu beda. Bedanya dari kerja keras membuatnya, hihihi. Biasanya membuat bakpia bagi saya sulit sekali. Ribet dan prosesnya banyak. Mesti lihat gambar step by stepnya dulu barulah faham. Sekarang saya coba resepnya NCC ini, saya nggak perlu lihat step. Resepnya nggak ribet. Prosesnya pun sederhana. Bakpianya enak dan gurih. Anak-anak suka. Saya isi coklat kesukaan anak-anak. Sebagian saya panggang di teflon, jadi seperti bakpia yogya yang empuk di dalam dan renyah diluar. Sebagian lagi saya panggang di oven, jadi seperti bakpia surabaya yang crunchy. Saya lebih suka yang gurih crunchy. Sesuai selera aja ya. Kalau dipanggang di oven, kalau dengan oven saya selama 15 menit lalu dibalik, oven lagi 15 menit. Suhunya 180 C.

Resep Bakpia isi Coklat
Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan Kulit A:

1. 250 gram tepung terigu protein sedang
2. 50 gram gula bubuk
3. ½ sdt garam
4. 40 gram margarin
5. 20 gram mentega putih
6. 80 ml air

Bahan Kulit B:

1. 125 gram tepung terigu protein sedang
2. 100 gram margarin

Cara Membuat:

1. Bahan A: campur semua bahan menjadi satu, uleni hingga kalis. Bagi menjadi 40 bagian, bulatkan. Sisihkan.
2. Bahan B: aduk semua bahan, uleni rata. Bagi menjadi 40 bagian, bulatkan. Sisihkan.
3. Ambil satu bulatan adonan A, pipihkan. Letakkan satu bulatan adonan B ditengahnya, bungkus rapat.
4. Gilas tipis, lipat tiga, gilas lipat lagi dua kali. Pipihkan, beri 1 bulatan bahan isi, bungkus bulat.
5. Siapkan loyang yg sudah dipoles margarin. Susun bakpia diatas pan dadar, panggang di atas kompor hingga matang.

Catatan:

Bapia ini menghaslkan tekstur kulit yang renyah, namun empuk di bagian dalam seperti bapia Jogja. Jika dipanggang di dalam oven akan menghasilkan bapia yang crunchy seperti bapia Surabaya.

Isi Cokelat

Bahan:

1. 50 gram margarin
2. 75 gram gula tepung
3. 20 gram susu bubuk
4. 20 gram cokelat bubuk
5. 50 gram tepung terigu sangrai
6. 2 sdm susu kental manis

Cara Membuat:

1. Aduk semua bahan menjadi satu, uleni hingga bisa dipulung.
2. Bulatkan untuk siapkan dijadikan isi bakpia.

Selamat Mencoba ^_^


No comments: