Bolu Kukus Ketan Hitam


Bismillah

Entah mengapa hari ini kepengen banged sama bolu kukus ketan hitam. Kebayang rasa khas dari cake yang menggunakan tepung ketan hitam ini. Saya suka sekali. Dulu di madinah, sampai bela-belain bawa dari indonesia, supaya bisa bikin kue dari tepung ketan hitam ini. Nggak pernah sekalipun makan cake ketan hitam yang dibeli. Selalu buat sendiri. Di pekanbaru juga nggak pernah ketemu cake dari ketan hitam, padahal kan enak banged. Mungkin bukan budayanya ya. Khasnya kue dari ketan hitam ini ada sensasi berpasir khas ketan hitam, aromanya juga beda. Warnanya hitam tergantung kualitas tepung ketannya. 

Resep bolu kukus ketan hitamnya bu Fatmah ini insyaAllah terjamin lembutnya. Makan satu slice rasanya kurang, hihi. Saya kukus memakai loyang bulat. Karena banyak, saya jadikan untuk jualan anak sd juga. Sebenarnya rada takut anak-anak nggak suka, karena kan ini agak unik gitu, tapi malah pada nyangka ini brownies. Brownies ketan hitam mah lain lagi, ada coklat-coklatnya. Nggak papalah, yang penting suka juga. Ini resepnya bu fatmah ya, silahkan barangkali ada yang mau coba. Resepnya sudah populer dan sudah banyak yang buat karena anti gagal.



Resep Bolu Kukus Ketan Hitam

Bahan :

1. 6 butir  telur
2. 200 gram gula pasir
3. 1 sdt cake emulsifier 
4. 350 gram tepung ketan hitam
5. ¼ sdt garam
6. 150 ml minyak sayur
7. 200 ml santan 

Cara Membuat :

1. Kocok telur, gula, garam, dan cake emulsifier hingga kental dan putih.
2. Masukkan tepung ketan hitam, aduk rata. Tuang minyak dan santan, aduk rata.
3. Masukkan adonan kedalam 2 buah loyang loaf ukuran 10x22x8cm (pake cetakan bulat) yang telah dipoles mentega dan ditabur tepung tipis-tipis, hingga ¾ tinggi cetakan, kukus selama 40 menit atau hingga matang dengan api kecil sedang ya,,lalu angkat deh..

Selamat Mencoba ^_^


No comments: