Brownies Kukus Lapis Coklat


Bismillah


Hari minggu waktunya baking, tapi nggak ada belanja, jadi makai bahan yang udah ada di rumah. Sekalian buat jualan hari senin. Bikin yang sudah sering dibuat, brownies kukus. Coba resepnya bu Fatmah yang sudah populer. Brownies itu salah satu kue kesukaanku karena nyoklat banged. Cuma memang makannya tetap saja nggak bisa banyak, ntar jarum timbangan makin kekanan, hehe. Kalau mau membandingkan brownies panggang ataupun kukus memiliki tempat tersendiri di hati, cie. Kalau dari kelembutan dan kelembapannya, enakan yang dikukus. Tapi kalau cita rasa nyoklatnya, lebih maknyus yang panggang. Bingung deh mana yang paling enak.

Masih terbayang dulu pertama kali membuat brownies, teksturnya kepadatan. Buat brownies panggang menggunakan magicom. Tapi itu aja udah senang banged. Kue yang pertama kali saya buat. Lama kelamaan, sudah bisa buat cake yang lembut-lembut. Coba ya dari awal sudah kenal sama resep NCC ini, mungkin jadi nggak gagal kayak dulu, ntahlah ya. Yang jelas, resep ini memang maknyus, sesedap brownies a*an*a. Lembut banged. Ada tiga lapis browniesnya, lapis coklat, kebayang kan nikmatnya.


Resep Brownies Kukus

Bahan A:

1. 12 butir telur
2. 450 gram gula pasir
3. 20 gram emulsifier
4. 1 sdt garam

Bahan B:

1. 75 gram coklat bubuk
2. 300 gram tepung terigu

Bahan C:

1. 300 gram mentega/margarine
2. 200 gram dark cooking chocolate
3. 1 sdm pasta coklat black forest
4. 1 sdt pasta vanilla

Bahan Filling:

1. 250 gram coklat beras (meses)

Cara membuat:

1. Siapkan loyang kotak ukuran 26x26x8cm, poles margarin dan alasi kertas, poles lagi dengan margarin. Lelehkan mentega dan dark cooking chocolate dengan cara ditim.
2. Kocok bahan A sampai kental dan “berjambul petruk”. Masukkan bahan B sambil diayak, aduk rata. Tuang bahan C, aduk hingga rata benar. Bagi menjadi 3 bagian sama rata.
3. Tuang satu bagian adonan kedalam loyang, kukus selama kurang lebih 10 menit.
4. Buka kukusan, taburi 1/2 bagian mesis, tuang lagi satu bagian adonan, kukus lagi. Lakukan sampai adonan habis, menjadi 3 lapis. Terakhir, kukus kurang lebih 30 menit hingga matang. Lakukan tes tusuk.

Selamat Mencoba ^_^


No comments: