Bubur Ayam



Bismillah

Sarapan pagi ini bubur ayam. Pasti suka ya. Dari dulu suka bubur ayam yang kaldunya kerasa dan lembut halus buburnya. Waktu zaman sma dulu suka langganan di bubur ayam jakarta di jalan ronggo warsito. Bubur ayamnya enak banged. Isinya banyak dan lengkap. Suka deh. Setelah itu nyoba macam-macam bubur ayam di pekanbaru, bubur ayam sukabumi, buat sendiri juga udah beberapa kali. Waktu di madinah, karena nggak ada yang jualan bubur, jadi belajar bikin sendiri. Alhamdulillah bisa juga.

Sekarang coba buat lagi, resepnya bu fatmah yang sudah terkenal enak. Bubur ayamnya lembut dan aroma kaldunya wangi, sedapnya. Lebih nikmat dengan pelengkap seperti cakwe dan kacang kedelai. Sayang saya cuma ada kerupuk aja. Jadilah....makan bubur ayam di pagi hari itu memang sesuatu..hehe


Bubur Ayam
Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan:

1. 1 ekor ayam kampung
2. 3,5 L air
3. 150 gram beras
4. 1 sdt garam

Untuk Kuah:

1. 2 lembar daun jeruk
2. 2 btg serai

Bumbu Halus:

1. 2 sdt ketumbar, sangrai
2. 1 butir kemiri, sangrai
3. 2 buah bawang putih
4. 1 cm kunyit
5. 1 sdt garam

Pelengkap:

Kecap manis, cakwe iris tipis, kerupuk merah, emping goreng, bawang goreng dan sambal

Untuk sambal:

1. 5 buah cabe merah, rebus
2. 3 buah cabe rawit, rebus

Cara Membuat:

1. Rebus ayam dengan 3,4 liter air hingga mendidih dan ayam matang. Angkat, saring kaldunya, sisihkan 3 liter. Goreng ayam, lalu suwir-suwir.
2. Masak beras dengan 2,5 liter kaldu hingga menjadi bubur, angkat sisihkan.
3. Buat kuah: panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, serai hingga harum. Tambahkan sisa kaldu, masak hingga mendidih, angkat.
4. Buat sambal: haluskan cabe merah dan rawit, tambahkan 2 sdm kaldu, aduk rata.
Sajikan bubur panas-panas, siram dengan kuah, beri taburan ayam suwir, cakwe, emping, kerupuk dan bawang goreng. Hidangkan dengan sambal.

Selamat Mencoba ^_^


No comments: