Bubur Kacang Hijau


Bismillah

Bubur kacang hijau adalah bubur yang penuh kenangan. Sejak kecil umi suka sekali menyajikan bubur ini dikala sarapan atau istirahat di sore hari. Kenangan akan ibu. Begitupula setelah saya menikah, zauji suka dibuatkan bubur kacang hijau ini. Biasanya saya membuat bubur kacang hijau dengan tambahan ketan kukus. Waktu saya kecil, saya kurang suka bubur kacang hijau tok. Biasanya saya mau makan setelah diiming-imingi kalau bakal dibuatin ketan kukus juga. Bubur kacang hijau dicampur ketan kukus rasanya enak banged. Sampai sekarang saya suka dengan bubur kacang hijau campur seperti itu. Nikmat dan penuh kenangan.


Resep Bubur Kacang Hijau
Penulis : Fatmah Bahalwan

Bahan:

1. 300 gram kacang hijau
2. 3 L air
3. 500 gram gula jawa/gula merah
4. 1 sdt garam
5. 2 lembar daun pandan
6. 500 ml santan kental.

Cara Membuat:

1. Cuci bersih kacang hijau, buang yang mengapung. Rebus bersama 2,5ltr air hingga merekah dan matang.
2. Sementara itu rebus gula merah dan 500ml air hingga gula larut, saring, tuang kedalam rebusan kacang hijau. Masukkan daun pandan yang telah disebit-sebit dan garam. Biarkan mendidih.
3. Tuang santan kental, didihkan sekali lagi sambil diaduk spy santan tidak pecah. Angkat.
Note:  Santan kental bisa dimasak terpisah dan dituang santan hendak disajikan dalam mangkuk-mangkuk.

Selamat Mencoba ^_^


No comments: