Bubur Sum sum Hijau



Bismillah

Di rumah fans nomor satu "bubur sum sum" adalah saya dan umi. Biasanya kalau beli, selalu beli yang dibungkus daun dan berwarna hijau. Bubur sum sum pandan. Teman-teman pastilah sudah tahu ya dengan bubur sum sum...bubur ini termasuk jajaran bubur populer seperti bubur kacang hijau atau bubur ketan. Bubur sum sum adalah sejenis makanan berupa bubur warna putih yang dimakan dengan kuah manis (air gula merah). Bubur ini dibuat dari olahan tepung beras. Dinamakan bubur sum sum karena bentuknya yang menyerupai sum sum tulang. Aslinya berwarna putih dengan kuah gula merah, namun lebih enak lagi ditambah pandan, lebih wangi. 

Udah beberapa kali membuat bubur sum sum. Pernah sukses menggerindil lah dan error lainnya. Pernah juga pakai resep dari teman, tapi beliau pakai tepung tapioka sedikit, jadi bubur sumsumnya lebih kenyal dibandingkan full tepung beras. Memasak bubur sumsum harus rajin mengaduk, jadi nggak menggumpal atau menggerindil. Nah disinilah saya sering salah sebelumnya. 

Resepnya bu fatmah ini lebih simpel daripada resep yang biasanya saya pakai. Ada metodenya yang mempermudah proses memasaknya. Tidak perlu lagi aduk lama di depan kompir. Sebentar aja siap. Cocoklah dikatakn resep anti gagal. Alhamdulillah.


Resep Bubur Sum Sum Hijau
Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan Bubur:

1. 50 gram tepung beras putih
2. 200 ml air daun pandan dan suji
3. 300 ml   santan kental
4. ½  sdt   garam

Bahan Kinca:

1. 250 gram gula jawa
2. 100 ml air
3.  1 lembar daun pandan

Cara Membuat:

1. Campur air suji dengan santan aduk rata. Cairkan tepung beras dengan sebagian santan, sisihkan.
2. Masak sisa santan dan garam hingga mendidih, tuang cairan tepung beras, aduk rata biarkan mendidih dan bubur meletup-letup sebentar. Matikan api, angkat.
3. Sajikan bubur dengan kinca gula jawa.
4. Kinca: masak air, gula jawa dan daun pandan hingga mendidih dan gula larut. Saring.

Selamat Mencoba ^_^







No comments: