Buttercake Dua Telur



Bismillah

Ada yang tahu buttercake? Buttercake adalah cake yang dalam proses pembuatannya memakai mentega, lebih padat dari sponge cake dan agak beremah. Buttercake biasanya dikombinasikan dengan buah-buahan kering dan kacang-kacangan yang membuat buttercake kaya rasa. Karena teksturnya yang padat ini, buttercake menjadi cukup mengenyangkan. Cocok menjadi menu sarapan di pagi hari. Saya termasuk suka buttercake. Sebenarnya tergantung mood juga. Kalau laper dan pengen supaya cepat kenyang, saya biasanya lebih memilih buttercake dibandingkan spongecake.

Untuk pemula seperti saya, resep bu fatmah bahalwan ini cocok banged. Simpel dan pas. Manis buttercakenya juga pas di lidah. Apalagi resepnya juga irit dibandingkan yang lain. Klop deh semuanya. Membuat buttercake ini tidak begitu sulit dibandingkan spongecake atau chiffon dan cotton yang memerlukan perlakuan khusus. Kunci membuat buttercake pada pengocokan mentega sampai pucat. InsyaAllah dengan begitu buttercakenya sukses. Belajar bikin butter cake yuk teman-teman. Nanti bisa dipadukan dengan buah kering seperti sukade dan kismis atau kacang-kacangan seperti almond dan kenari. Tapi plain ditabur gula halus dan kayu manis juga enak. Coba deh. InsyaAllah resepnya anti gagal :)



Resep Buttercake Dasar 2 Telur (Cinnamon Cake)

Bahan:

1. 120 gram mentega
2. ½ sdt vanilla
3. 250 gram gula pasir
4. 2 butir telur
5. 200 gram tepung terigu
6. 1 sdt Baking Powder
7. 150 ml susu segar

Bahan pelengkap:

Gula bubuk dan bubuk kayu manis secukupnya

Cara Membuat:

1. Panaskan oven 180 derajat Celcius.
2. Kocok mentega, gula, vanilla hingga mengembang dan pucat. Masukkan telur, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang.
3. Masukkan tepung dan susu secara bergantian, sambil diaduk hingga rata.
4. Tuang ke dalam loyang kotak 22 cm, tinggi 3-4 cm, yang telah dioles margarine dan dialasi kertas roti. Panggang hingga matang, kurang lebih 30 menit.
5. Angkat, dinginkan. Taburi gula bubuk dan kayu manis, potong-potong.

Selamat Mencoba ^_^














No comments: