Kering Tempe



Bismillah

Anakku harits suka banged dengan tempe, dimasak apapun suka. Jadi saya suka mencari variasi olahan tempe. Waktu saya haji dua tahun yang lalu, masih ingat teman sekamar saya bawa kering tempe. Kering tempenya beda dengan orek yang biasa saya makan. Saya rasa manisnya dari gula. Karena saya biasanya bikin orek pakai kecap. Pertama kali masak orek itu karena melihat adik ipar masak orek. Akhirnya modif sendiri, dan ketemu resep sendiri. Tapi ternyata beda ya sama aslinya. Akhirnya coba cari resep asli kering tempe tapi yang mudah dan anti gagal. Kering tempe ini biasa jadi temannya nasi tumpeng, nasi hajatan dan nasi box. Cocok memang jadi lauk sampingan. Tapi saya malah suka buat untuk lauk utama. Enak dan hemat. Atau untuk cemilan, nggak sadar habis aja. Saya suka kasi bawang dan cabenya agak banyak, biar harum. Ini ya resep anti gagalnya bu fatmah. Silahkan kalau ada yang mau nyoba. 


Resep Kering Tempe

Bahan:

1. 750 gram tempe, iris tipis kotak
2. 10 butir bawang merah, iris tipis
3. 6 buah bawang putih, iris tipis
4. 5 buah cabe merah besar, iris serong
5. 1 ruas lengkuas, pukul
6. 2 batang sereh, pukul
7. 2 lembar daun salam
8. 2 sdm gula merah, sisir halus
9. 5 sdm gula pasir
10. 5 sdm air asam jawa
11. 1 sdt garam
12. 100 ml air
13. 1 sdm chicken powder
14. Minyak sayur untuk menggoreng.

Cara Membuat :

1. Goreng tempe dalam minyak sayur panas hingga garing. Sisihkan.Goreng cabe iris, bawang merah iris dan bawang putih iris masing-masing. Sisihkan.
2. Panaskan lk. 4 sdm minyak sayur, tumis lengkuas, sereh dan daun salam.
3. Masukkan gula merah, gula pasir, air asam, garam dan air, aduk rata biarkan mendidih,
4. Masukkan chicken powder, masak terus sambil diaduk hingga gula berambut kental.
5. Masukkan tempe kering, bawang merah, bawang putih dan cabe goreng, aduk rata. Angkat.

Selamat Mencoba ^_^


No comments: