Kue Bangket Kelapa




Bismillah

Bangket atau kue bangket kami menyebutnya. Kue ini terbilang jadul ya teman-teman. Teringat pas lebaran kemarin pas pulang ke bengkalis, bawa satu kotak kue bangket khas sana, suka sekali dengan aroma khasnya, aroma nenek :D. Kalau di pekanbaru, sudah langka ditemui. Yang mengisi toples-toples tiap rumah sudah didominasi aneka kue kering modern. Jadi supaya kue kering jadul ini nggak tenggelam dan punah, mari kita berdayakan lagi, kita angkat ke permukaan kue bangket dan kue jadul lainnya. 

Kue bangket memiliki aroma khas yang didapat dari tepung sagu. Kue bangket juga bervariasi, ada yang kelapa dan ada yang kacang juga ada kue bangket susu. Kali ini saya membuat kue bangket kelapa karena kebetulan stok kelapa parut masih banyak. Pengen buat yang varian kacang, tapi memang menurutku yang original paling mantap, hehe. Ini pertama kalinya saya membuat kue bangket. Supaya nggak gagal, saya pakai resep anti gagalnya bu Fatmah, benar-benar sedap hasilnya masyaAllah. Kuenya ngeprul, aromanya khas dan ada kenyal gurih yang disumbangkan dari kelapa. Amboiii sedapnya....mari bikin kue bangket yuk. Resep kue ini bisa didapat dari buku resep kue kering anti gagal NCC, di milis NCC atau di Facebooknya. 


Resep Bangket Kelapa
Sumber: Fatmah

Bahan I:

1. 1 butir kelapa ukuran sedang, parut  lalu sangrai sampai kuning keemasan

Bahan II:

1. 150 gram terigu
2. 350 gram sagu yang telah disangrai sebentar hingga ringan
3. 4 butir telur
4. 200 gram gula halus
5. 100 gram mentega
6. 1 sdt soda kue
7. 1/2 sdt garam
8. 2 sdt kayu manis
9. 2 sdt pala
10. 1/2 sdt cengkih

Cara Membuat:

1. Kocok telur dan gula menggunakan whisk/mixer dengan speed 1 sampai gula larut. Lalu masukkan mentega. Kocok sampai tercampur.
2. Masukkan Kayumanis, pala, cengkih dan soda kedalam adonan telur.
3. Lalu masukkan  terigu, sagu dan kelapa sangrai aduk sampai tercampur rata. Istirahatkan lk 15 menit.
4. Timbang adonan 10 gr, bulatkan. Taruh diatas loyang, tekan pelan bagian tengah dengan jari telunjuk dan beri kelapa sangrai sebagai garnish.
5. Panggang dengan panas 140OC selama lk 30 menit. Keluarkan dalam loyang dan dinginkan.
6. Ulangi pemanggangan dengan panas 140OC selama lk 30 menit untuk mendapat hasil bangket kelapa yang renyah.

Selamat Mencoba ^_^



No comments: