Martabak Manis Mini



Bismillah

Anak-anak suka sekali dengan jajanan warna warni atau jajanan yang pakai hiasan beraneka ragam dan warna. Langsung tertarik. Sampai si bungsu yang umurnya masih setahun setengah juga suka. Sepertinya semua anak-anak begitu ya. Jadi kalau saya buat donat atau martabak mini seperti ini, langsung cepat-cepat pengen nyomot. Upss,, foto dulu sebentar ya nak, hehe.

Sejak di madinah saya suka mencoba resep dan belajar membuat kue sendiri. Tanpa guru. Bermodal resep di internet aja, jatuh bangun gagal dan gagal hingga berbuah sukses. Ntar kalau sukses rasanya pengen lompat-lompat, senang banged. Membuat martabak juga begitu. Sering kali adonannya jadi padat nggak berongga, akhirnya harus berakhir di tong sampah karena sama sekali nggak bisa dimakan. Sedih sekali. Membuat martabak ini memang ada trik khususnya. Martabak mini jauh lebih mudah daripada yang normal. Padahal anak-anak lebih suka yang mini karena bisa sekali dua kali hap. Supaya nggak gagal, karena saya memang masih belum begitu mahir, jadi saya pakai resep martabak mini anti gagalnya bu fatmah. Alhamdulillah langsung sukses. Silahkan dicoba ya.


Resep Martabak Manis Mini
Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan:

1. 500 gram tepung terigu protein sedang
2. 15 gram tepung sagu/tapioka
3. 100 gram gula pasir
4. 25 gram susu bubuk full cream
5. 700 ml air
6. 10 gram soda kue
7. 1 sdt vanilli cair
8. 3 butir telur
9. 50 gram santan kental

Bahan Topping:

1. Gula pasir
2. Mentega
3. Susu kental manis
4. Cokelat meises
5. Choco chip
6. Selai strawberry

Cara Membuat:

1. Larutkan soda kue dengan 50 ml air, aduk, sisihkan.
2. Campur tepung terigu, tepung tapioka, gula pasir, susu bubuk, aduk rata.
3. Tuangi dengan telur, santan, campuran air dan soda, aduk rata sambil dituangi air sedikit demi sedikit sampai habis, hingga menjadi adonan yang cair. Saring.
4. Kopyok-kopyok selama 10 menit hingga terlihat banyak gelembung udara. Diamkan 30 menit.
5. Panaskan cetakan martabak manis mini (bisa menggunakan cetakan kue lumpur). Tuang 1 sendok sayur adonan, tekan sedikit agak terjadi bibir disekeliling cetakan. Masak terus hingga terlihat bersarang hampir matang.
6. Taburi 1 sdt gula pasir, lalu tutup cetakan. Masak hingga matang.
7. Angkat, segera poles dengan mentega, taburi meisis, dan parutan keju. Kucuri susu kental manis. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^



No comments: