Mie Telur





Bismillah

Bikin mie telur sendiri yuk. Alhamdulillah setelah ada ampia, nggak susah lagi membuat mie sendiri. Bisa dilihat di postingan saya di http://selmawahida.blogspot.co.id/2016/08/mie-ubi-ungu.html. Sejak di madinah saya sudah beberapa kali membuat mie sendiri. Mie wortel, mie sawi dan terakhir mie ubi ungu. Yang belum mie buah bit/ buah naga dan mie hitam. InsyaAllah nanti mau coba. Kenapa saya sering bikin mie sendiri. Karena sejak pertama kali buat mie dan zauji nyobain, beliau lebih suka mie buatan saya daripada beli jadi, hehee. Senang juga ya kalau sajian kita ditungguin sama orang terkasih.

Awal membuat mie dulu, mienya ketebelan, sampai mirip udon, hehe. Alhamdulillah setelah coba dan coba, dapat juga tekstur mie yang diinginkan. Supaya mienya terlihat keriting, mencetaknya harus tipis sekali ya, kemudian setelah digiling, saya putar dengan sumpit, tunggu 5 menit baru saya angin-anginkan, insyaAllah keriting mienya. Tapi dengan syarat harus tipis ya teman-teman, kalau tebal rada susah. Sip deh. Mie telurnya saya gunakan untuk membuat toge goreng. Nanti resepnya ya. Resep membuat mie telur ini dari bu fatmah bahalwan. Mienya enak dan nggak berbau apek. Suka deh.


Resep Mie Telur Homemade
Sumber:  Fatmah Bahalwan

Bahan:

1. 1 kg tepung terigu protein tinggi
2. 450 gram telur utuh putih dan kuning nya di pakai
3. 1 sdm garam

Cara Membuat:

1. Campur semua bahan sampai tercampur rata. Uleni sampai kalis adonan.
2. Ambil 1 genggam adonan, tipiskan mulai dari no 1 dengan alat ampia. Lanjut no 2, 3, 4 dan terakhir no 6 (saya sampai no 8/9 --tergantung ampianya). Lalu giling di gilingan mie. Kemudian putar dengan sumpit sebentar, kira-kira 5 menit, angin-anginkan.
3. Tabur dengan tepung sagu biar gak lengket mie nya.
4. Siap di olah menjadi berbagai menu.

Selamat Mencoba ^_^



.

No comments: