Perkedel Kentang Panir




Bismillah

Di rumah banyak yang suka perkedel. Apalagi atuknya anak-anak. Kalau beli perkedel selalu banyak. Padahal kalau buat sendiri juga mudah. Dulu saya merasa agak susah membuat perkedel, dan kalau menggorengnya mesti hati-hati supaya nggak hancur dan pecah. Jadi mesti pelan-pelan di teflon. Belakangan pas lihat tetangga membuat perkedel jadi faham. Ternyata kentangnya bukan direbus, tapi digoreng. Karena kalau direbus, teksturnya jadi basah dan sulit dibentuk. Cuma hasil perkedelnya kurang sedap. Tapi ketika saya lihat adik ipar membuat perkedel persis dengan cara tetangga yaitu yang kentangnya digoreng dulu, herannya kok pas digoreng tetap ambyar ya. Nah, baru setelah saya menemukan resepnya NCC, baru menemukan pencerahan cara membuat perkedel yang benar. Ternyata sebaiknya, perkedel disimpan dulu di kulkas supaya lebih set. Dan kalau memakai lapisan tepung panir begini, jadi lebih enak dan penampilannya lebih elegan. Saya pun jadi merasa terinspiras, perkedel ini kayaknya cocok untuk jadi variasi jualan, tinggal mengkalkulasi modalnya aja. Bersyukur sekali menemukan resep ini, dengan begitu saya mendapatkan ilmu baru berikut inspirasi untuk berjualan. Belum lagi perkedelnya sedap, cocok di lidah. Saya tambahkan sedikit rempah, karena saya suka aroma rempah di perkedel, hmm yummy.



Resep Perkedel kentang panir

Bahan :

1. 250 gram kentang
2. 1 sdt bawang goreng
3. 1/2 sdt garam
4. 1/4 sdt lada halus
5. 1 butir telur, kocok lepas
6. Tepung panir secukupnya.

Cara Membuat :

1. Kupas kentang dan iris tipis, cuci bersih, goreng, haluskan.
2. Beri bawang goreng, lada dan garam, aduk rata.
3. Bentuk bulat bundar atau bulat pipih, celupkan pada telur kocok, gulingkan pada tepung panir. Lakukan hingga adonan habis.
4. Dinginkan dalam kulkas selama lk. 30 menit. Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan, angkat.

Selamat Mencoba ^_^




ruqayyah nggak sabar mencomot perkedel

No comments: