Putri Mandi







Bismillah


Waktunya menikmati dessert yang manis khas indonesia. Selalu suka dessert jadul ini. Bubur, kolak dan dessert manis ala indonesia lainnya. Saya biasanya lebih suka dalam keadaan dingin, sensasi manisnya makin dapat. Tapi memang sebaiknya dessert seperti bubur kacang hijau atau bubur ketan lebih bagus dimakan hangat.

Putri mandi ini masih sebangsa kue mendut, wedang ronde ataupun klepon. Hanya saja, semuanya memiliki kekhasan tersendiri. Dan semuanya saya suka. Putri mandi ini lebih nikmat disajikan dingin. Alhamdulillah pas saya hidangkan, langung laris manis. Mungkin ada beberapa dari kita yang belum familiar dengan dessert ini. Karena memang sudah langka juga. Saya belum pernah nemu yang jual putri mandi di pekanbaru, nggak tahu kalau di jawa ya, karena memang dessert ini berasal dari sana. Kenyalnya putri mandi berpadu saus yang nikmat dan isian kelapa yang manis, dessert ini layak dicoba lho. Sebenarnya putri mandi disajikan di wadah dari daun pandan atau tako ukuran sedang, cuma saya belum bisa buat, jadi di cangkir aja dulu ya, hehe. Resepnya saya dapat dari blog mba Veronica, aslinya dari tabloid koki jadul.




Resep Putri Mandi
Sumber: Tabloid Koki

Bahan  Kulit :

1. 125 gram tepung ketan 
2. 2 sdm tepung tapioka / kanji 
3. Garam secukupnya
4. 2 sdm gula halus 
5. 100 ml air hangat 
6. Air biasa secukupnya untuk merebus.
7. Pewarna makanan merah, kuning dan hijau secukupnya.

Bahan Isi : 

1. 100 gram kelapa sedang parut
2. 50 gram gula merah sisir  (saya ganti gula pasir)
3. Garam secukupnya
4. 50 ml air 
5. 1 lembar daun pandan 

Bahan Saus :

1. 250 ml santan 1/2 butir kelapa
2. 2 sdt tepung beras 
3. 2 sdt tepung tapioka / kanji 
4. Garam secukupnya
5. 4 sdm gula pasir 
6. 1 lembar daun pandan 

Cara Membuat :

1. Isi : masak air, gula merah, garam, dan daun pandan hingga gula larut. Angkat dan saring. Campur air gula dengan kelapa parut, masak diatas api kecil sambil diaduk hingga air habis. Angkat dan dinginkan. Bentuk adonan bulat kecil, sisihkan.
2. Kulit : campur tepung ketan, tapioka, garam, dan gula halus, aduk rata.
3. Tuang air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan dapat dibentuk. Bagi adonan menjadi 3 bagian, tambahkan tiap bagian dengan 1 jenis perwarna ( merah, kuning, hijau ) dan aduk rata.
4. Ambil 1 sdt adonan kulit, pipihkan, dan isi bagian tengahnya dengan bahan isi. Bulatkan kembali. Lakukan hingga adonan habis. 
5. Didihkan air, masukkan bulatan adonan berwarna kuning. Masak hingga matang dan terapung. Angkat dan tiriskan. Lakukan hal yang sama untuk adonan berwarna hijau dan merah
6. Saus : campur semua bahan, aduk rata. masak diatas api kecil sambil terus diaduk hingga mendidih dan kental. Angkat.
7. Atur bulatan warna kuning, hijau, dan merah secukupnya dalam piranti saji. Tuang saus secukupnya. Sajikan segera.


Selamat Mencoba ^_^

























No comments: