Risoles Sayur


Bismillah

Penggemar risoles ayuk merapat. Kalau bikin risoles selalu teringat dengan suami yang sedang nun jauh di madinah sana, beliau suka sekali risoles. Biasanya saya sering membuat sendiri, karena memang nggak ada yang jual di madinah. Di indonesia, risoles sudah menjadi jajanan populer dan mudah didapatkan dimana saja. Isiannya juga bervariasi, ada yang isi bihun yang sering disebut risol kampung karena merupakan risol jenis pertama. Ada yang isi sayuran dan ada juga yang isi ragout. Ciri khas risol kampung tanpa tepung panir sebagai pelapisnya, berbeda dengan risoles isi sayur atau ragout.

Sama seperti membuat dadar gulung, membuat risoles ini juga pernah gagal dan melewati masa percobaan panjang. Ketika sudah berhasil membuat dadar gulung, artinya saya juga sudah bisa membuat risoles sendiri. Lebih gampangnya, sekarang ada wajan kwalik khusus membuat kulit dadar, jadi bisa lebih cepat untuk skala banyak. Alhamdulillah risoles sayur dan ragout saya bisa dipakai untuk berjualan juga. Mari coba membuat sendiri di rumah yuk teman-teman. 

Jualan lagi, harus rutin jualan setiap hari, harus terus gali ide juga, supaya nggak bosen. Sekarang saya bikin risoles sayur. Yummy. Suka banged dengan risoles, tapi sukanya yang isi sayur atau isi ragout. Yang isi bihun agak kurang. Kalau bikin risol gini jadi ingat zauji, zauji senang banged risoles. Huaa, jadi baper lagi deh. Sejak punya wajan kwalik, saya jadi lebih mudah membuat kulit risol dan dadar gulung, cepat lagi. Isiannya enak banged, kulitnya juga nggak tebal, pas deh. Alhamdulillah laris, anak-anak sd suka. Mau resepnya, ini ya resep risolesnya, agak beda dari risoles sayur biasa, karena pakai telur, tambah enak menurutku. Ini versi ekonomisnya, yang ekonomisnya aja enak begini, gimana yang sebangsa amris ya atau risoles mayo. Pengen nyoba tapi belum ada bahan. Next time insyaAllah. Pengen juga yang isi sayurnya kentang dan wortel dan no telur. InsyaAllah dalam beberapa minggu ini ya. 


Resep Risoles Sayur
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan Kulit:

1. 250 gram tepung terigu
2. 1 butir telur
3. 300 ml Air secukupnya

Bumbu Kulit :

1. 1 siung bawang putih
2. Garam secukupnya
3. 1/2 sdt lada bubuk

Bahan Isi:

1. 1 buah wortel, potong memanjang
2. 1 buah daun bawang, potong menyerong
3. 1 buah seledri, potong menyerong
4. 1 buah telur ayam

Bumbu Isi:

1. 2 siung bawang putih
2. Garam dan lada secukupnya

Cara Membuat:

1. Panaskan 2 sendok minyak atau margarin. Tumis bumbu isi risoles hingga harum. Masukkan wortel, daun bawang dan seledri. Tumis hingga layu. Masukkan 1 butir telur...aduk rata. Koreksi rasa kemudian sisihkan.
2. Campur telur, bumbu kulit risoles, tepung terigu dan air. Aduk rata hingga tidak ada yg menggumpal. Buat agak cair (semakin cair adonan, maka kulit menjadi semakin tipis). Koreksi rasa kemudian sisihkan.
3. Panaskan teflon dengan api kecil. Beri margarin/ minyak goreng. Ratakan. Setelah rata...buang minyak goreng/ margarin ke dalam adonan kulit. Aduk rata.
4. Goreng kulit risoles dengan menggungakan teflon. Ulangi hingga adonan habis.
5. Isi kulit risoles dengan bahan isi. Masukkan ke kocokan telur dan balur dengan tepung panir.
6. Panaskan minyak, goreng risoles dalam minyak mendidih hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan sajikan...

Selamat Mencoba ^_^

No comments: