Roti Jala




Bismillah

Roti jala adalah sajian kuliner indonesia khas melayu. Kue yang terbuat dari tepung terigu yang dicetak menggunakan cetakan khusus roti jala, membentuk sebuah jaring-jaring menyerupai jala. Setelah itu digulung atau dibentuk sesuai selera. Roti jala memiliki dua variasi. Roti jala berwarna kuning dengan kunyit sebagai pewarna alaminya disandingkan dengan kuah kari ayam atau sapi. Kemudian roti jala berwarna hijau dengan daun pandan sebagai pewarna alaminya, yang disandingkan dengan kuah santan gula merah. Terkadang dicampur daging buah durian. Sedap sekali. 

Roti jala ini sering hadir di acara-acara melayu, seperti kenduri, pernikahan dan acara lainnya. Bahkan waktu walimah saya dahulu, roti jala ini juga disajikan. Jika teman-teman tidak memiliki cetakan khusus roti jala, teman-teman bisa menggunakan botol yang diberi lubang kecil di tutupnya. Atau menggunakan plastik segitiga dan langsung dituang diatas teflon. Awal membuatnya mungkin sedikit sulit ya. Apalagi kalau belum terbiasa. Tapi lama kelamaan kalau sering belajar, insyaAllah menjadi mudah. Roti jala ini bisa dikreasikan menjadi aneka warna dan bentuk. Bahkan waktu festival kuliner indonesia di Madinah kemarin, roti jala pun turut serta. Divariasikan menjadi warna merah putih. Selamat berkreasi dan lestarikan kembali kue khas indonesia.



Resep Roti Jala
Sumber : NCC Dewi Anwar

Bahan Roti :

1. 225 gram tepung terigu
2. 3 butir telur ayam
3. 2 sdt garam
4. 500 cc santan yang sedang kentalnya
5. 2 sdm minyak goreng

Cara Membuat:

1. Campur tepung dan garam, tuang santan sedikit demi sedikit, sambil diaduk hingga adonan halus
2. Masukan telur, aduk rata, bila masih bergerindil, saring adonan hingga benar2 halus
3. Tambahkan minyak, aduk rata hingga kalis.
4. Panaskan wajan datar, masukkan adonan ke dalam cetakan roti jala kemudian putar-putar di atas wajan hingga berbentuk jala.
5. Biarkan hingga matang. Angkat, lalu lipat berbentuk gulungan dadar, lakukan hingga selesai, sisihkan

Selamat Mencoba ^_^




No comments: