Tahu/Tempe Bacem



Bismillah


Awal kenal sama bacem, saya nggak begitu tertarik dan suka. Maklum lidah sumatra saya belum biasa dengan lauk yang manis-manis. Lama kelamaan karena umi sering beli kok jadi terbiasa ya. Trus pas di madinah, malah kangen sama lauk ini. Coba bikin sendiri, karena di madinah nggak ada yang jual. Saya tawari ke zauji dulu mau buat bacem. Seperti halnya saya dulu, zauji juga belum terbiasa makan lauk yang manis. Jadi beliau langsung nolak. Yaudah, akhirnya saya bikin buat konsumsi sendiri aja, eh terus zauji minta dan bilang enak. Makannya pun nambah-nambah, lucu.

Kalau di indonesia, bahannya lengkap. Bisa pakai air kelapa. Coba bikin untuk kedua kalinya pakai resep bu fatmah. Lebih simpel resepnya, no ribet. Dan rasanya juga maknyus. Warna bacemnya juga cakep setelah digoreng. Cuma menurutku tetap lebih enak bacemnya diperam dulu semalaman di kulkas baru digoreng, lebih wangi dan meresap. 



Resep Tahu/Tempe Bacem
By: Fatmah Bahalwan

Bahan :

1. 10 potong tahu
2. 10 potong tempe
3. 1 L air kelapa
4. 200 gram gula merah sisir
5. 5 sdm air asam jawa
6. 5 buah bawang merah iris
7. 3 buah bawang putih iris
8. 1 sdm ketumbar, ulek kasar
9. 2 lembar daun salam

Cara Membuat :

1. Taruh tahu dan tempe dalam panci, taburi dengan bahan lain.
2. Masak hingga bumbu dan gula meresap. Angkat, tiriskan.
3. Panaskan minyak sayur dalam wajan, goreng tempe dan tahu hingga kecoklatan. Angkat.

Selamat Mencoba ^_^



No comments: