Dadar Gulung


Bismillah

Dadar gulung adalah jajanan pasar yang sudah sangat populer di indonesia. Menyerupai pancake yang digulung dan diberi isian kelapa parut gula merah. Ciri khas dari kulit dadar gulung adalah berongga pada permukaanyya. Dengan kulit dan isian yang nikmat ini, dadar gulung menjadi kue favorit sepanjang masa.

Dadar gulung ini ternyata mempunyai cerita sendiri lho. Penuh perjuangan. Mungkin bagi sebagian orang membuat dadar gulung ini sangatlah mudah. Tapi bagi saya yang belajar membuat kue secara otodidak dari internet saja, membuat dadar gulung memiliki uji coba resep yang panjang. Pertama sekali saya belajar membuat dadar gulung ini ketika masih di Madinah. Terasa kangen banged, apalagi di Madinah tidak ada yang jual. Percobaan pertama gagal, dadar gulungnya patah. Begitu seterusnya, ada yang nggak sama bentuknya, ada yang isiannya merembes dan terkadang dadar gulungnya mulus nggak ada rongganya. Alhamdulillah semakin sering mencoba, hasilnya semakin rapi. Malah terakhir bisa dipakai untuk berjualan :). Umumnya dadar gulung berwarna hijau yang didapat dari air daun suji. Namun sering kali dadar gulung juga divariasikan dengan aneka warna ataupun berpola. Yuk mari belajar membuat dadar gulung sendiri di rumah, sekalian ikut andil dalam pelestarian jajanan pasar khas indonesia ^_^.

Resepnya pakai resep bu fatmah bahalwan. Motifnya dibuat dari sedikit adonan dadar ditambah pasta coklat atau coklat bubuk. Masukkan dalam plastik segitiga. Coret-coret diatas teflon, tunggu kering lalu timpa dengan adonan kulit (saya warna hijau dan putih). Simpel kan ya? Berikut resepnya yaa.



Resep Dadar Gulung
Sumber: Fatmah Bahalwan
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan kulit:

1. 2 butir telur
2. 250 gram tepung terigu
3. 500 ml  santan
4. ½ sdt garam
5. 2 tetes pewarna hijau
6. Minyak goreng untuk polesan.

Bahan Isi:

1. ½ btr kelapa parut
2. 150 gram gula jawa sisir halus
3. 2 lembar daun pandan
4. 100 ml air

Bahan Motif:

1 sendok sayur adonan kulit diberi pasta coklat atau coklat bubuk 

Cara Membuat:
Dadar :

1. Taruh tepung dalam wadah, beri telur dan garam, aduk sambil tuangi santan sedikit demi sedikit hingga santan habis dan menjadi adonan encer. Beri pewarna hijau, aduk rata.
2. Siapkan wajan dadar.olesi dgn minyak.tuang lk. 2sdm adonan,bentuk dadar tipis, angkat,sisihkan. (untuk motif, masukkan adonan motif ke dalam plastik segitiga, coret diatas wajan mebentuk motif, timpa dengan adonan kulit)
3. Ambil selembar kulit.letakkan 1 sdm adonan isi.lipat dan gulung.seperti amplop.
Isi :
4. Campur semua bahan dalam wajan biasa, masak dengan api kecil hingga menjadi adonan unti.

Selamat Mencoba ^_^



No comments: