Kue Lompong





Bismillah

Dari sejak lama beli abu merang, dari zaman-zaman beli cetakan putu bambu (buat putu bambu tapi gagal melulu), Beli abu merang online dari jawa. Karena disini nggak pernah ketemu abu merang. Abu merang ini biasa digunakan untuk membuat kue basah tradisional berwarna hitam seperti kue jongkong atau kue lompong seperti yang saya buat sekarang.

Kue lompong ini punya kenangan tersendiri. Waktu kecil kadang suka datang kiriman kue dari bali. Nah salah satunya kue yang mirip kue lompong ini. Dibungkus dengan klaras atau daun pisang kering. Cuma bentuk bungkusannya dan isinya beda. Sayang pas sampai sering udah berjamur, hehe abis ngirimnya juga pakai bus sih.

Bikin kue lompong ini karena pengen aja, cari kue dari abu merang. Seperti biasa terinspirasi dari blognya mba diah didi. Katanya supaya otentik mesti dibungkus klaras juga atau daun pisang kering. Unik ya. Keringnya bukan dikeringkan, tapi kering di pohon. Warna dan wanginya eksotis, unik banged. Wangi deh. Kuenya sendiri lembut kenyal khas dari tepung ketan. Isiannya kacang gula merah. Kalau udah lama memang mengeras karena memang begitu modelnya. Terserah sukanya gimana, hehe. Warna hitam berasal dari abu merang karena ini kue lompong khas kutoarjo. Kalau yang purworejo itu dari batang talas. Oke ya, ini resepnya ya.



Resep Kue Lompong
Sumber: Diah Didi

Bahan :

1. 200 gram tepung ketan
2. 2 sdm gula halus
3. 1/4 sdt garam
4. 2 sdm air abu merang untuk pewarna hitamnya
5. Air panas secukupnya

Bahan isi : (Aduk rata, )

1. 100 gram kacang tanah sangrai, tumbuk kasar
2. Gula merah 50 gram, sisir halus ( secukupnya )

Cara Membuat :

1. Aduk rata tepung ketan, gula halus, air abu merang dan garam. 
2. Tuangi air panas sedikit demi sedikit sambil di uleni sampai adonan kalis dan bisa di pulung.
3. Ambils sedikit adona..lalu isi dengan 1 sendok adonan isi, bentuk pipih lonjong, lalu bungkus seperti membungkus tempe daun. Ikat dengan tali .
4. Kukus sampai matang. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^






No comments: