Semar Mendem isi Abon




Bismillah

Belakangan ini agak galau. Masak dan motret pun jadi nggak selera. Sebulan lagi zauji insyaAllah zauji pulang liburan kok jadi galau ya, hehee. Foto dari seminggu yang lalu di kamera baru bisa diedit sekarang. Nggak tahu deh kapan baking bluesnya hilang, semoga secepatnya ya.

Ini kedua kalinya saya membuat semar mendem. Perdana buat di madinah dengan isian original yaitu ayam giling, enak banged masyaAllah, nggak nyangka. Padahal kan sebelumya nggak tahu menahu tentang semar mendem. Karena memang disini nggak ada yang jual. Mungkin di jawa banyak ya. Padahal membuatnya terbilang simpel. Nah untuk yang kedua ini, saya coba pakai resepnya bu fatmah dengan isian abon, hmm yummy sedapnya. Lebih simpel lagi karena isian abon ya. Suka suka suka. Coba yuk.



Resep Semar Mendem isi Abon
Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan:

1. 500 gram beras ketan
2. 600 ml santan
3. 1 sdt garam
4. 2 lembar daun salam
5. Abon sapi secukupnya

Bahan Dadar:

1. 250 gram tepung terigu
2. 3 butir telur
3. 500 ml santan
4. ½ sdt garam

Cara Membuat:

1. Cuci beras ketan hingga bersih, kukus sampai panas kepul-kepul. Sementara itu masak santan, garam, dan daun salam hingga mendidih. Matikan api. Masukkan ketan panas kedalam santan, aduk hingga terendam. Diamkan sampai santan terserap habis dan beras ketan menjadi aron. Kukus lagi 20 menit. Angkat.
2. Ambil 2 sdm ketan, pipihkan, beri 1 sdt abon, lalu bulatkan dan kepal-kepal padat, dan bentuk lonjong. Lakukan untuk semua ketan
3. Dadar : taruh dalam wadah, tepung terigu, garam dan telur, aduk rata sambil dituangi santan sedikit demi sedikit hingga santan habis. Buat dadar tipis-tipis.
4. Penyelesaian: ambil satu lembar dadar, letakkan ketan kepal ditengahnya, lipat seperti amplop.

Selamat Mencoba ^_^




2 comments:

Nitta Sestra Afdya said...

foto2nya makin sedaaaap, mbakyu
Jadi kepengen nyoba resepnya. Belum pernah bikin yang tradisional begini akunya :D
*males sih sebenernya :D

Dapur Comel Selma said...

Makasi ya mba... Jadi malu... Yuk bikin mba... Enak banged ini...
Foto mba nitta jauh lebih cakep ni.. Pengem belajar.. 😉