Serabi Solo



Bismillah

Udah beberapa kali membuat serabi solo pasti pakai resepnya bu fatmah. Setia ceritanya, hehe. Soalnya kalau udah cocok, kadang saya malas beralih ke resep yang lainnya. Sudah sehati istilahnya :D. Membuat serabi solo ini mirip serabi beras berkuah juga, cuma serabi solo ada pinggirannya (psst maklumi pinggirannya yang belum rapi ya), sama pakai toping aneka rupa. Saya pilih toping meses dan choco chip aja kesukaan anak-anak. Kalau bikin beginian, baru diangkat aja langsung berebut. Namanya anak-anak ya, suka yang warna warni dan bentuknya unik. Saya sering membiasakan mereka makan kue dan masakan khas indonesia, supaya mencintai makanan khas negeri sendiri. Tapi nggak apa-apa juga suka dengan makanan modern. Ditambah lagi makanan khas indonesia lebih hemat, hihi. Sip deh, resepnya ini ya.


Resep Serabi Solo
Penulis: Fatmah Bahalwan

Bahan:

1. 600 ml santan kental
2. 1 sdt garam
3. 1 lembar daun pandan
4. 250 gram tepung beras
5. 1 sdt ragi instan
6. 75 gram gula pasir
7. 1 butir telur

Bahan Areh:

1. 150 ml santan sangat kental
2. 1 sdt    garam

Topping Pilihan:

Keju, Nangka, Meisis cokelat

Cara Membuat:

1. Masak santan, garam dan daun pandan hingga mendidih, dinginkan.
2. Dalam wadah, campur tepung beras, gula pasir dan ragi instan, aduk rata. Ditengahnya beri telur dan sebagian santan, aduk rata sambil terus dituangi sisa santan hingga habis.
3. Kopyok-kopyok adonan menggunakan balloon whisk hingga terlihat berbuih-buih banyak. Diamkan selama 90 menit.
4. Panaskan wajan serabi, dengan api kecil. Tuangi 1 sendok sayur adonan ditengahnya, lalu gerakkan sendok kebagian pinggir wajan agar terbentuk bibir serabi.
5. Biarkan hingga serabi matang dan terlihat berlubang-lubang sarang. Lalu siram dengan 1 sdm  Areh. Beri topping sesuai selera. Tutup wajan, matangkan serabi. Angkat.

Selamat Mencoba ^_^



No comments: