Mangkuk Mie Sus -- Bakmie Mewah



Suka mie? Sama saya juga suka. Mie mau dikreasikan jadi apapun, saya suka. Yang penting enak, hehe. Nah sekarang ada bakmie keluaran terbaru namanya bakmie mewah. Seperti namanya, rasanya juga mewah. Dikemas dalam kemasan yang nggak kalah mewah. Dalam kotak hitam dengan tulisan berwarna emas. Waktu pertama kali membuka bungkusannya, suprise karena menemukan daging ayam di dalam kotak mie, wah unik. Bukan mie rasa ayam ya  tapi bener-bener mie dengan ayam. Mikir mau buat apa yaa...hmm mau buat kreasi yang beda dari biasa. Saya pilih mangkuk mie sus. Cemilan cantik ini cocok buat acara-acara kumpul-kumpul dan mengenyangkan. Satu buah aja udah kenyang :D. Tapi pengen nyomot lagi dan lagi.

Membuat mangkuk mie sus ini cukup mudah. Hampir mirip sus biasa, hanya saja dilapisi mie. Kalau udah bisa membuat sus, insyaAllah membuat ini lebih gampang. Nanti saya beri tipsnya supaya sukses yah.



Mengapa saya memilih bakmie mewah? Pertama karena dalam satu kotak bakmie mewah udah lengkap mie dan ayam. Jadi saya nggak perlu cincang ayam lagi. Ayamnya juga bareng minyak ayam (mirip minyak wijen ya), kerasa khas orientalnya. Untuk isian susnya saya hanya perlu masukin ayam yang ada di dalam kotak bakmie. Kedua saya suka dengan tekstur dan aroma bakmie mewah. Mienya model mie keriting yang lembut. Mangkuk mie susnya jangan kelamaan mengovennya ya, supaya tekstur mienya dapat. Luarnya garing dalamnya lembut khas mie bakmie mewah. Makanya kalau resep ini mengovennya sekitar 35 menit saja. Aroma bakmie mewah yang rasa ayam ini kerasa banged wanginya, lah kan pakai ayam asli ya. Dicampurkan jadi isian sus aja tetap wangi.


Untuk rasa, dalam kotak bakmie mewah ini kita nggak menemukan bumbu mie seperti halnya mie lain ya. Bumbu mienya udah ada di minyak dan sausnya yang nikmat plus pada ayam beserta minyak ayam. Jadi saya masukkan semua ke dalam isian sus, hmm kebayang kan sedapnya. Ayok jangan dibayangin aja, cepetan buat...hehe...

Bagi teman-teman yang ingin mencoba, ini resepnya ya. Tips membuat sus itu supaya nggak kempes susnya, ovennya jangan dibuka tutup ya sampai air pada sus hilang. Misal waktu mengovennya itu 35 menit, setelah 35 menit, matikan oven tapi biarkan aja susnya di oven sampai ovennya dingin. InsyaAllah resep ini sudah pas takaran, baik kombinasi tepung, margarin dan telurnya. Coba deh bikin di rumah :).


Resep Mangkuk Mie Sus -- Bakmie Mewah
Sumber: Sajian Sedap
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 2 bungkus bakmie mewah ayam, sekitar 100 gram mi
2. 60 gram margarin
3. 120 ml air
4. 1/4 sdt garam
5. 60 gram tepung terigu protein sedang
6. 2 butir telur

Bahan Isi:

1. 2 sendok makan margarin
2. 4 siung bawang putih, dihaluskan
3. 4 sdm tepung terigu protein sedang
4. 500 ml air
5. 2 bungkus ayam dari bakmie mewah, seduh sebentar sampai lembut. 
6. 60 gram wortel, dipotong dadu, diseduh
7. 50 gram buncis, diiris halus, diseduh
8. 1/2 sdt merica bubuk
9. 1/2 sdt gula pasir
10. 50 gram keju parut
11. Saus dan minyak bakmie mewah
12. Daun bawang bakmie mewah, diseduh

Cara Membuat :

1. Olesi loyang muffin kecil dengan margarin.
2. Lapisi dasar dan sisi loyang dengan mi. Sisihkan.



3. Panaskan margarin. Tambahkan air dan garam sampai mendidih. Matikan api.
4. Masukkan tepung terigu. Aduk rata. Nyalakan api kecil. Aduk sampai kalis.
5. Tambahkan telur satu per satu. Kocok rata. Masukkan dalam plastik segitiga.
6. Semprot di loyang yang sudah dilapis mi. Oven 35 menit dengan suhu 200 derajat Celsius.



7. Bahan isi, panaskan margarin. Tumis bawang putih sampai harum. Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai berbutir. Tuang air sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin.
8. Masukkan ayam, wortel, buncis, merica, kaldu ayam, gula, dan keju parut. Aduk rata. Terakhir masukkan saus, kecap dan daun bawang. Angkat.
9. Belah bagian atas sus. Beri isi. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^

Hmm yummy

Rasa mangkuk mie susnya gimana? Jelas nikmat ya. Mie sebagai pelapisnya kriuk-kriuk tapi lembut di bagian dalam. Isiannya enak dengan ayam dan saus kecap dari bakmie mewah. Dimakan dengan saus sambal sebagai teman minum teh di sore hari, hmm nikmat ya. Postingan ini saya ikut sertakan di Challenge Kreasi Bakmie Mewah oleh Indonesian Foodblogger dan Bakmie Mewah. Yuk ikut meramaikan. :)





2 comments:

Inas Basymeleh said...

Adududuuuh masyaAllah bacanya aja dah bikin lidah berliur... hmmm jadi pengeeeen... lezat sekali kelihatannya masyaAllah πŸ˜πŸ‘πŸ‘

selma alan said...

MasyaAllah iya inas.. Sedap.. Mie diolah jadi apa aja suka.. Yuk coba bikin πŸ’•πŸ’•