Mochi Ubi Ungu



Bismillah

Siapa yang suka mochi tunjuk tangan? Mochi merupakan kue khas jepang yang udah lama populer di indonesia sehingga diadaptasi oleh jawa barat menjadi kue khas daerah. Mochi yang manis kenyal dengan aneka isian dan biasanya berbedak tepung tapi kadangkala bersalut wijen atau toping lain. Unik dan enak.

Membuat mochi sebenarnya memiliki cara khusus sehingga didapat tekstur mochi yang lembut sekali. Adonan mochi setelah dikukus ditumbuk dengan penumbuk khusus sampai lembut dan kenyal. Untuk metode simpelnya ada dua cara. Cara pertama dengan mengukus adonan tepung lalu di mixer hingga lembut kemudian dibentuk dan diisi. Dan bisa juga dengan membentuk dan mengisi terlebih dahulu baru mengukusnya. Memang lebih mudah cara kedua. Tapi untuk mendapat tekstur mirip mochi asli khas jepang, saya sarankan gunakan cara pertama.

Pada resep awal warna kulit mochi didapat dari pewarna ungu. Tapi saya modifikasi saja dengan pewarna alami dari ubi ungu. Warnanya malah lebih pekat daripada pewarna buatan. Isian mochinya tentu isi ubi ungu juga ya. Sedap dan nikmat masyaAllah.


Resep Mochi Ubi Ungu
Sumber: Yulyan Parvati
Modifikasi: Selma Wahida

Bahan Kulit:

200 gr tepung ketan
15 gr tepung beras
3 sdm ubi ungu kukus halus
100 gr gula pasir
200 ml air
1/4 sdt garam
10 gr mentega putih
4 tetes pewarna ungu

Bahan Isi:
150 gr ubi ungu, kukus dan haluskan
100 ml susu cair
25 gr gula pasir

Bahan Taburan:

25 gr maizena, sangrai 5 menit dengan api kecil, dinginkan.

Cara Membuat:

1. Isi : campur semua bahan isi (bisa juga diblender biar benar2 halus), masak sambil diaduk sampai lembut. Angkat bentuk bola2. Sisihkan
2. Kulit: campur air, gula, garam, pewarna, dan mentega putih, aduk rata. (Dalam tahapan ini, tentu saja mentega tidak akan ikut tercampur dan larut. Hal ini tidak mengapa karena mentega akan larut dan tercampur pada tahapan berikutnya)
3. Tuang ke campuran tepung ketan, ubi ungu dan tepung beras, aduk rata.
4. Saring dengan saringan halus sampai rata. Masukkan kedalam mangkuk tahan panas. (aku nggak pake tak saring...kalo ngaduknya pakai wisk bisa halus juga kok...^^)
5. Kukus 25 menit diatas api sedang. Angkat, aduk dengan sendok kayu. Kukus lagi 15 menit (tahapan pengukusan yang kedua ini aku skip)
6. Angkat dan mixer 2 menit dengan mixer spiral sampai lembut. Biarkan dingin.
7. Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri isi, bentuk bola-bola. Gulingkan diatas maizena. Kuas agar tepung tidak terlalu tebal.

Selamat Mencoba ^_^


No comments: