Onde-onde Gula Enau Nougat



Bismillah

Ini salah satu cemilan yang saya buatkan khusus buat harits. Karena harits nggak boleh konsumsi gula pasir jadi saya ganti gula enau aja. Baik kulit dan isian saya pakai gula enau. Enak juga ternyata. Manisnya pas. Bentuk ondenya saya variasikan jadi lonjong.. Hehe. Imut juga ya.

Kalau isiannya nougat gini kan kering, ondenya jadi lebih kokoh nggak mudah meleot. Apa mungkin karena adonannya juga pas takarannya. Resep bu fatmah bahalwan onde-onde nougat yang saya ganti aja gulanya dengan gula enau.


Resep Onde-onde Gula Enau Nougat
Sumber: Fatmah Bahalwan
Modifikasi: Selma Wahida


Bahan Kulit:

125 gr tepung ketan
25 gr tepung beras
50 gr gula pasir (saya ganti 75 gram gula enau)
1/4 sdt vanilli bubuk
1/4 sdt garam
100 ml air
50 gr wijen putih
minyak untuk menggoreng

Bahan isi nougat (aduk semua bahan jadi satu, bagi jadi 12 bagian) :

100 gr     Kacang tanah matang, giling halus (kacangnya saya panggang)
15 gr       Mentega (saya ganti minyak karena harits nggak boleh)
20 gr       Gula halus (ganti 40 gram gula enau,  sisir halus)

Cara Membuat :

1. Kulit: Campur tepung ketan, tepung beras, gula enau, garam, dan vanilla bubuk, aduk rata.
2. Panaskan air hingga panas tetapi tidak sampai mendidih. Angkat. Tuang air sedikit demi sedikit ke campuran tepung, aduk rata sampai menjadi adonan yang bisa dipulung.
3. Bagi adonan jadi 12 bagian. Ambil 1 bagian adonan kulit, pipihkan ditangan hingga membuat cekungan. Isi dengan satu bulatan adonan nougat, tutup dan bulatkan kembali menjadi bola-bola.
4. Celupkan dalam air dingin. Gulingkan pada wijen, kepal-kepal sehingga bentuknya bulat dan wijen menempel rata.
5. Panaskan minyak goreng menggunakan api kecil. Setelah hangat, goreng onde onde sampai mengapung dan kekuningan. Angkat.

Selamat Mencoba ^_^


No comments: