Banana Cotton Cake




Bismillah

Cetakan pisang yang unyu-unyu.ini udah kapan waktu gitu saya beli. Sampai beli online karena penasaran sama cake yang sempat booming ini. Tapi nggak sempat-sempat bikin, Karena mau nyari coklat buat warna kuningnya mesti ke tbk gede. Bisa sih coklat putih dikasi pewarna. Cuma waktu sebenarnya yang belum pas buat nyoba.

Nah hari ini bela-belain buat segala yang pakai cetakan banana tokyo. Banana cotton cake dan banana milk crispy. Seperti halnya cotton cake lainnya, banana cotton cake ini empus-empus dan lembut banged. Lembutnya seperti kapas. Enak deh. Walaupun namanya banana cotton cake, tapi rasa pisangnya nggak kentara. Tertutup sama rasa coklatnya, Makanya kalau mau ori si ya polosan tanpa lapisan coklat.

Memang asalnya saya kurang nyeni ya. Ini banana cottonnya nggak berapa mirip pisang. Kaku banged bentuknya. Hihi, jadi malu ni.Belum lagi yang ijonya berbintil coklatnya, butek deh jadinya. Yang penting udah nyoba ya. Semua bilang enak alhamdulillah.


Resep Banana Cotton Cake
Sumber: Hesti Kitchen

Bahan A : 

1. 250 gr putih telur (kira-kira 7 putih telur)
2. 125 gr gula pasir

Bahan B : 

1. 150 gr pisang ambon matang, potong-potong kecil (saya lumatkan)
2. 50 gr gula pasir
3. 1 butir telur
4. 7 kuning telur
5. 1/4 sdt garam

Bahan C : 

1. 50 gr margarine, lelehkan
2. 50 gr susu cair

Bahan D :  

1. 150 gr tepung protein rendah  (saya pakai protein sedang)
2. 1/4 sdt soda kue

Bahan D : 

1. Coklat coating kuning.

Cara Membuat : 

1. Kocok bahan B hingga mengembang  (jangan sampai terlalu pucat warnanya), matikan mixer
2. Masukkan bahan D, aduk rata
3. Masukkan bahan C, aduk rata
4. Bahan A : kocok putih telur hingga berbusa, tambahkan gula pasir sedikit sedikit sambil terus dikocok hingga mengembang jambul petruk.
5. Masukkan bahan A dalam 3 tahap ke dalam adonan, aduk balik perlahan hingga rata.
6. Tuang adonan ke cetakan pisang yang telah dioles margarine. Sisanya tuang di loyang 20x30cm yang dioles dialas kertas roti.
7. Panggang dengan cara au bain marie atau waterbath (proses pemanggangan dimana loyang berisi adonan diletakkan diatas wadah lain yang berisi air panas) kurang lebih 45 menit, angkat, dinginkan (karena tidak muat loyang berisi air aku taruh di rak bawah, adonan kue di rak tengah sehingga permukaannya berwarna kecokelatan)
8. Siram dengan bahan E, dinginkan sampai mengeras. Beri dark cokelat leleh (gunakan kuas untuk efek kecoklatan menyerupai buah pisang asli)

Selamat Mencoba ^_^



No comments: