Rainbow Roll Cake






Bismillah

Alhamdulillah ya Allah senangnya.. Akhirnya bisa juga buat rainbow roll cake. Udah lama banged pengen bikin rainbow roll cake ini. Dulu pernah bikin tapi gagal. Gegaranya saya panggang. Eh nggak jadi-jadi.. Hihi.. Habis waktu itu alat pengukusnya mini jadi loyang bolgul paling minipun nggak muat. Ini juga nggak bisa buat tebel karena loyangnya juga mini. Gak setebal di resep. Satu resep ini jadi dua loyang. Bolu gulung versi kukus ini insyaAllah mudah. Gak sesulit yang panggang. Ini resepnya ya... Bolu Gulung Kukus Rainbow (Steamed Rainbow Roll Cake)






Resep Rainbow Roll Cake

Sumber: Ita-DapurGriyaKhayangan
Recook: Selma Wahida


Bahan:



Bahan A:



150 gr gula pasir

6 kuning telur
4 putih telur
1 sdt SP


Bahan B:



80 gr tepung terigu

10 gr tepung maizena
10 gr susu bubuk
1/2 sdt vanili bubuk
1/4 sdt garam
===> Campur dan aduk semua bahan hingga rata


Bahan C:



100 ml minyak goreng berkualitas bagus





Cara Membuat:



1. Siapakan loyang kotak ukuran 26x26x3 cm, olesi bagian dasar loyang dengan minyak goreng, beri alas kertas roti...dan oles kertas roti dengan minyak goreng. Untuk bagian tepi atau sisi2 loyang tidak usah diolesi minyak goreng, agar bolu kukus setelah matang tetap menempel di loyang sehingga tidak menyebabkan penyusutan ukuran bolu kukus.

2. Mixer bahan A dengan kecepatan tinggi hingga adonan menjadi putih dan kental (soft peak), jika baling2 mixer diangkat keatas adonan tidak mudah jatuh.
3. Masukkan bahan B sedikit demi sedikit hingga habis tetap dengan menggunakan mixer kecepatan rendah.
4. Tuangkan bahan C dan mixer kembali dengan kecepatan rendah hingga adonan benar2 tercampur rata.
5. Bagi adonan menjadi enam bagian dalam mangkok2 kecil, beri pewarna makanan merah, orange, kuning, hijau, biru dan ungu sesuai selera kadar kepekatan warnanya. Kemudian setiap adonan masukkan kedalam plastik segitiga (piping bag) untuk memudahkan mencetak adonan pelangi di loyang.
6. Gunting ujung piping bag kira2 selebar 2 cm, kemudian semprotkan perlahan kedalam loyang berselang seling sesuai warna pelangi, merah jingga kuning hijau biru 
7. Kukus adonan bolu gulung kedalam panci pengukus atau kelakat selama 10 menit atau hingga matang. 
8. Siapkan kertas roti diatas meja dengan ukuran lebih lebar dari pada bolu gulung, kemudian balikkan bolu gulung diatas kertas roti. Kemudian lepaskan kertas roti yang masih menempel di lapisan atas bolu gulung. Gulung perlahan bolu saat masih panas dan padatkan dengan memutar ujung kiri kanan kertas roti. Diamkan sejenak kurang lebih 10 menit, kemudian buka gulungan bolu perlahan-lahan. Olesi dengan butter cream merata keseluruh permukaan bolu gulung, beri parutan keju cheddar secukupnya...kemudian gulung kembali pelan2 dan padatkan dengan memutar ujung kiri kanan kertas roti. Tunggu beberapa saat atau masukkan kedalam kulkas kurang lebih 1/2 jam, baru dipotong-potong...jadi bolu gulung akan berpenampilan mulus dan manis.

Selamat Mencoba ^_^

No comments: