Martabak Manis Gulung Dwi Warna




Bismillah

Hari ini saya share resep martabak manis gulung. Dari resep mba veronica dhani, cuma sengaja buatnya setengah resep untuk satu gulung, jadi agak tipis. Sebagian lagi saya buat yang biasa aja. Dipotong biasa. Martabaknya sengaja dibuat dwi warna. Dengan sebagian rasa pandan. Yummy. Untuk isiannya saya pakai kacang tumbuk dan coklat. Membuat ini aja sampai lima kali gagal.. Huaaa... Gegara nyoba pakai cetakan baru. Belum bersahabat kali ya.. Inilah yang lumayan sukses. 

Kalau suka duka mmbuat martabak ini panjang. Gagal dah sering banged. Kebanyakan bantat nggak bersarang. Kok menurut saya lebih susaaah daripada bikin cake. Padahal saya suka banged dengan martabak. Nggak papa, belajar terus. Cuma kalau gagal kadang suka bikin down, hihihi. Martabak yang saya suka itu yang bangka rasa durian. Semoga kapan waktu bisa bikin.


Resep Martabak Manis Gulung Dwi Warna
Sumber: Veronica dhani

Bahan:

1. 250 gr tepung terigu protein sedang
2. 1/2 sdt baking powder
3. 1/4 sdt soda kue
4. 75 gr gula pasir
5. 1 butir telur, kocok lepas
6. 1 kuning telur
7. 1/4 sdt garam
8. 350 ml air ( bisa pakai susu cair )
9. Air daun pandan atau pasta pandan 

Cara Membuat :


1. Campur semua bahan jadi satu, kecuali baking soda. Aduk sampai rata, halus dan licin. Diamkan 1 jam paling cepat. Tambahkan soda kue, aduk rata. Adonan siap digunakan. Bagi dua adonan. Satu beri air pandan atau pasta pandan. 




2. Tuang adonan di loyang yang sudah dipanaskan terlebih dahulu secara bersamaan. Biarkan sampai berbusa dan berlubang-lubang. Tabur gula pasir. Tutup sampai matang. Angkat.






3. Tabur bahan topping. Tuang susu kental manis. Gulung dan padatkan, lalu oles bagian sisinya dengan butter, Potong sesuai selera.







Tips dari Dapur Comel Selma: 

- Pilih cetakan martabak yang terbuat dari besi karena cetakan ini nggak mudah gosong.
- Bila baru membeli cetakan, cuci bersih cet martabak dengan air dan sabun, keringkan. Gosok cet dg kelapa parut lalu panggang hingga kelapa parut mengeluarkan minyak. Bersihkan. Siap dipakai. 


- Baking soda selalu dimasukkan sesaat sebelum memanggang adonan martabak.
- Jangan oles loyang dengan apapun
- Agar martabak berserat bisa menggunakan baking powder atau ragi
- Setelah memasukkan adonan tunggu hingga berlubang semua baru tabur gula pasir. Tunggu agak kering. Lalu tutup. 


















No comments: