Risoles Mayones dan Daging Asap







Bismillah

Yang simpel tapi semua suka. Risoles. Kali ini nyoba risoles mayo yang sempat kekinian. Resepnya dari mba  Diah Didi...laris manis semua suka. Makasi mba. 
Kalau bikin sendiri risoles banyak untungnya.. Isiannya lebih banyak dan bisa makan sepuasnya.. Hehe.. Walau gitu saya cuma makan satu.. 😀. Daging asapnya kelihatan sedap ya. Jangan lupa pilih yang ada label halalnya. 

Agar membuat kulit risoles dengan cepat, saya sarankan pakai wajan kuwalik. Cepat dan seukuran semua. Cara pemakaian wajan kuwalik itu, panasin dulu bentar, jangan terlalu panas. Celup permukaan wajan kuwalik ke adonan, masak hingga matang. Membuat crepes juga mudah dengan wajan kuwalik ini. Kulit risolesnya sebaiknya yang pakai telur supaya lembut dan nggak mudah robek. Tapi untuk bahan celupnya, saya sarankan pakai adonan sisa kulit aja supaya minyak tidak berbuih.


Resep Risoles Mayo Daging Asap
Sumber:Diah didi

Bahan :

100 gram tepung terigu protein sedang
2 butir telur, ukuran kecil saja
400 ml susu
1/4 sendok teh kaldu ayam
1/8 sendok teh merica bubuk
1/8 sendok teh gula pasir ( 9 sejimpit kecil aja )

Bahan Isian: 

2 buah telur
6 lembar daging asap
Keju chedar jika suka, potong-potong panjang
Mayonaise secukupnya

Bahan Pelapis :

1 butir telur, kocok lepas ( atau sisa adonan kulit juga bisa )
Tepung panir orange secukupnya ( yang orange ya..biar risol mayo nya cantik..jika susah cari,..aku jual lho teman-teman..hihi. Tepung panir yang aku jual nich kriuk banget dan cantik warnanya..:D )

Cara Membuat :

1. Aduk rata bahan kulit, saring agar tidak bergerindil
2. Buat dadar tipis-tipis di teflon, aku pakai wajan kewalik aja, biar cepat.



3. Ambil selembar dadar, beri 1/4 butir telur, 1 lembar daging asap yang di potong-potong panjang, dan keju, serta mayo 1/2 - 1 sendok makan, sesuai selera aja.
4. Bungkus dan gulung seperti membuat risol biasa
Celup ke kocokan telur, lalu gulingkan ke tepung panir hingga rata. Goreng dengan minyak panas hingga keemasan. Sajikan.


Tips :
Jika mau hemat, telur pencelup bisa di ganti adonan kulit risol, selain lebih hemat, tepung panir akan mudah melekat, di banding jika pakai kocokan telur.

No comments: