Kukis Pandan isi Kurma - Biskut Ulat Bulu



Bismillah

Walaupun masih pertengahan bulan ramadhan, tapi udah nyicil bikin kukis lebaran. Karena ada rencana lebaran di kampung, mungkin kukisnya dibawa sekalian. Bikin yang versi baru belum pernah dibuat. Aslinya dari resep kak @azlitaaziz adalah biskut ulat bulu. Cuma saya ganti aja namanya jadi kukis pandan isi kurma. Rasa manis dan wangi kurmanya kerasa masyaAllah. Membuatnya perlu ketelatenan dikit ya. Tapi unyu-unyu juga hasilnya. Saya pakai tepung terigunya dengan yang tepung protein rendah, kukisnya lebih kress dan ngeprul lembut. Kukis ini memang versi lembut ya. Matangnya kalau bagian bawahnya udah kuning kecoklatan langsung diangkat aja. Pada oven saya perkiraan 10 menit saja.


Resep Kukis Pandan isi Kurma - Biskut Ulat Bulu
Sumber Azlita Masam Manis


300gm tepung terigu protein rendah
150gm tepung maizena
50gm susu bubuk
180gm minyak sapi (saya minyak sayur)
100gm mentega
100gm gula bubuk
Patsa pandan 
Buah kurma yg dipotong memanjang, lebih kurang 6 irisan dari 1 buah kurma. Boleh menggunakan selai kurma tapi nanti bakal susah membentuknya.
Gula halus, tabur diatas kukis


Cara Membuat:

Mixer gula bubuk dan mentega hingga tercampur rata.
Kemudian masukkan minyak, pasta pandan dan susu bubuk. Mix hingga menyatu.
Masukkan tepung maizena dan tepung terigu, ulen dengan tangan hingga menyatu. Tepung terigu ditambahkan sedikit demi sedikit ya hingga adonan bisa dibentuk. Hentikan penambahan jika dirasa adonan sudah pas.
Kemudian bentuk bulatan sekecil ibu jari, dan letakkan satu iris buah kurma, kemudian bentuk memanjang. Tekan atasnya dengan garpu untuk bentuk ulat.

Masukkan kedalam loyang dan oven pada suhu 160-180. (oven saya selama 10 menit) 
Angkat dan taburkan gula halus selagi hangat karena kalau dingin tidak bisa menyatu. 
Khas kukis ini disalut gula halus ya bukan gula bubuk yang dijual itu, tapi gula yang dihaluskan dengan blender. Jadi masih krenyes gitu ya.

Selamat Mencoba ^_^


No comments: