Lemonade Egg Whites Cake



Assalamualaikum
Pagiii

Ini hasil baking kemarin. Resep dari mba cantik @rickeindriani_ordinarykitchen , resep ini udah 4 th lalu sy tandai, bru ini dibuat, hihi. Memberdayakan stok putel di kulkas sisa bikin kukis lebaran kemarin. Cakenya saya kasi parutan kulit lemon dan airnya. Plus sy beri lemon glaze juga. Semriwing wangi lemon. Cakenya lembyuuut dan enak.


LEMONADE EGG WHITES CAKE
Source Ricke Indriani

Bahan:
500 gram putih telur (ditimbang ya), suhu ruang
250 gram gula pasir
1 sdm cake emulsifier
1/2 sdt garam
250 gram terigu protein sedang
50 gram maizena
200 gram butter/margarin, lelehkan
1 sdt vanilla
Pasta perisa masing-masing 1 sdt
1 buah lemon, peras airnya dan parut kulitnya
Gula halus untuk taburan (optional)

Cara membuat:
1. Panaskan oven 160-170'C. Olesi loyang tulban/bundt pan ukuran 26 cm dengan margarin, lalu taburi dengan terigu tipis-tipis. Sisihkan.
2. Ayak tepung terigu dan maizena. Sisihkan.
3. Kocok putih telur, garam dan emulsifier dengan mixer kecepatan sedang sampai berbusa, masukkan gula pasir dalam 3 tahapan sambil dikocok terus hingga gula habis. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang, kental dan berjejak (saya sertakan foto adonan putih telur setelah dikocok).
4. Masukkan tepung dalam beberapa tahapan (saya biasanya 3 tahap) dan aduk balik dengan spatula hingga rata (saya lakukan dengan mixer kecepatan paling rendah).
5. Masukkan butter/margarin cair dan vanilla. Aduk balik dengan spatula hingga benar-benar rata dan homogen. Tidak ada lagi butter/margarin cair yang belum tercampur dalam adonan. Masukkan perasan jeruk lemon dan parutan kulit lemon.
6. Bagi adonan sesuai jumlah warna yang diinginkan, tambahkan pasta perisa pada masing-masing adonan. Aduk rata.
7. Tuang adonan ke dalam loyang (bisa per lapisan warna atau dibentuk acak motif marble) dan panggang sampai matang, permukaannya sudah kecoklatan dan membal bila disentuh. Test tusuk sudah bersih. Sekitar 50 menit, tergantung oven masing-masing.
8. Keluarkan dari loyang dan dinginkan. beri lemon glaze dan potong-potong.



No comments: