Putu Ambon dan Putu Cangkir




Bismillah


Agak bingung juga mau bikin cemilan apa buat ngeteh sore ini. Ketemu resep putu cangkir mbak hesti. Resep lama dan dulu sempat pernah buat dengan resep berbeda dan hasilnya nggak memuaskan. Masih penasaran dan hari ini coba bikin lagi.


Di postingan putu cangkir mbak hesti juga ada resep putu ambon. Mirip-mirip juga resepnya, hanya saja putu ambon isiannya gula merah, sedangkan putu cangkir isinya kelapa parut. Tapi adonan kulitnya berbeda. Kalau putu cangkir diberi larutan gula merah atau gula pasir (saya pakai gula merah tapi warnanya kurang merah) sedangkan putu ambon tanpa gula.


Sebenarnya ada cetakan khususnya, tapi saya nggak punya dan pakai cucing serta cetakan kembang sepatu. Hasilnya cantik ya. Jadi juga deh teman minun teh hari ini.







Resep Putu Ambon
Sunber: Hesti Kitchen
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 125 gram tepung ketan putih
2. 100 ml air
3. Secubit garam

Bahan Isi:

1. 25 gram gula merah, sisir halus


Cara Membuat :

1. Siapkan kukusan. Panaskan dengan api tinggi.
2. Aduk tepung ketan dan garam halus sampai rata. Tambahkan air sedikit sedikit sambil diaduk sampai berbutir kasar dan lembab. Larutan airnya tidak harus habis. Jangan sampai basah karena akan susah diayak. Ayak sampai keluar butiran halus.
3. Masukkan sedikit tepung dalam cetakan. Jangan ditekan tekan. Beri isi kelapa lalu tutup lagi dengan tepung.
4. Tata cetakan dalam dandang. Kukus selama kurang lebih 35 menit. Kalau belum matang lepaskan dari cetakan lalu kukus lagi tanpa cetakan.
5. Angkat, biarkan uap panasnya hilang, simpan dalam wadah tertutup agar tidak kering.

Selamat Mencoba ^_^



Resep Putu Cangkir
Sumber: Hesti Kitchen

Bahan:

1. 75 gram tepung beras putih
2. 50 gram tepung ketan putih
3. 100 gram gula merah dimasak bersama 100 ml air dan pandan, saring 
4. Secubit garam

Bahan isi:

1. 1/4 butir kelapa setengah tua, kupas dan parut
2. ecubit garam





Cara Membuat:

1. Siapkan kukusan. Panaskan dengan api tinggi.
2. Aduk tepung tepung beras, tepung ketan dan garam halus sampai rata. Tambahkan air gula merah sedikit sedikit sambil diaduk sampai berbutir kasar dan lembab. Larutan gula merahnya tidak harus habis. Jangan sampai basah karena akan susah diayak. Ayak sampai keluar butiran halus.
3. Masukkan sedikit tepung dalam cetakan. Jangan ditekan tekan. Beri isi kelapa lalu tutup lagi dengan tepung.
4. Tata cetakan dalam dandang. Kukus selama kurang lebih 35 menit (kalau memakai kukusan khusus hanya sekitar 5 menit) atau lebih lama kalau cetakannya besar. Kalau belum matang lepaskan dari cetakan lalu kukus lagi tanpa cetakan.
5. Angkat, biarkan uap panasnya hilang, simpan dalam wadah tertutup agar tidak kering.





With Love







post signature

14 comments:

Rika Oktianti said...

Kita di Pontianak bilangnya putu piring mba.

selma alan said...

Wah di pontianak ada ya? Saya sangka cuma ada di makassar...klo di pekanbaru adanya putu bambu.

Gustyanita Pratiwi said...

Bentuk kuenya imuttt

Tira Soekardi said...

yummy, pastinya enaaak

Ivonita Kusumaningtyas said...

Kayaknya bahannya sama kayak putu ayu di solo. Indonesia emang surganya kulineer. Yummy yummy

selma alan said...

Ooo putu ayu di solo seperti ini ya mbak...saya sangka putu ayu itu seperti ini http://selmawahida.blogspot.com/2015/02/putu-ayu-labu-kuning.html?m=1...beraneka ragam memang ya jajanan indonesia..lain daerah lain nama...makanya saya jatuh cinta dengan jajanan pasar. Apalagi sejak di madinah ini.
Makasi kunjungannya ya mbak..moga resep disini bisa membantu.

selma alan said...

Hihi imut kayak yg bikin...:D
Makasi kunjungannya ya mbak cantik. Yuk dipraktekin resepnya..insyaAllah mudah...

selma alan said...

Bangeeedd..next time kalau mau buat didoubelin porsinya..soalnya semua suka...coba bikin yuk mbak...

Cindra Prasasti said...

Masuk sini jadi laper mbak.. kayaknya aku bakal sering mampir ke sini nih.. ih maklum yak emak2 butuh refrensi resep2 panganan..

Salam kenal mbak selma

selma alan said...

Makasi udah berkunjung mbak cantik...moga membantu ya...

yuni zuhri said...

Wah.. bikin ngiler kue buatan mba. Jadi pengen nyoba resepnya juga. Makasih ya mba resepnya. Pasti enak deh rasanya :)

selma alan said...

Yuk dicoba mbak..insyaAllah mudah...sama-sama mbak...;)

turiscantik.com said...

Makanan klasik yg skrng langka. Thanks resepnya segera dicoba :)

selma alan said...

Iya mbak...udah langka banged ya. Makasi kunjungannya ya mbak...;)