Ayam Masak Kecap




Bismillah

Hari ini sarapan yang ringkas aja, anak-anak udah pada kelaparan. Makanya dipotret seadanya juga, nggak sempat menghias segala macam. Memang menu ayam kecap ini selalu menjadi pilihanku kalau males menggiling-giling. Tinggal aduk aja, jadi. Simpel tapi enak. Saya coba pakai resep bu Fatmah, soalnya dari dulu belum ketemu yang orisinil resepnya, maklum belajar masak sendiri, jadi takarannya suka-suka. Kalau begini kan udah jelas. Dari dulu saya nggak ngerti perbedaan semur sama ayam kecap. Ternyata beda ya. Resepnya aja beda. Lebih simpel ayam kecap si. Kalau kita rajin nyari resep baru, insyaAllah masakan kita pun akan bervariasi, nggak monoton begitu aja. Contohnya ini, daripada digoreng tok aja, ditambah kecap begini kan lebih lezat, plus jadi bervariasi menunya. Sip deh, resep ini menurutku cocok banged buat pemula seperti saya. Ada yang mau coba juga?



Resep Ayam Masak Kecap
Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan:

1. 1 ekor ayam, potong 12
2. 2 sdm air jeruk lemon
3. 1 sdm garam
4. 5 bh bawang putih, haluskan
5. 1 bh bawang Bombay, iris tipis
6. 50 ml kecap manis
7. 3 sdm margarin
8. 5 sdm air jeruk lemon
9. Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

1. Cuci bersih ayam, taruh dalam wadah. Beri garam, bawang putih, dan 2 sdm air jeruk lemon, diamkan selama 20 menit. Goreng hingga matang, angkat. Sisihkan.
2. Panaskan margarine, tumis bawang Bombay hingga layu. Tuangi kecap dan 3 sdm air jeruk lemon, aduk rata. Masukkan ayam yang telah digoreng. Aduk rata. Angkat. Sajikan.

Mudah kan? Jangan salah, ini enak lho.

Selamat Mencoba ^_^


No comments: