Bubur Candil Ketan





Bismillah

Kenal dengan bubur candil? Suka? Sama...saya juga suka banged. Kenyal-kenyal enak. Kalau di Pekanbaru jarang ada yang jual bubur candil tok, biasa dsatukan sama bubur kacang hijau, sedikit bubur ketan hitam dan lupis. Jadi bubur kampium. Saya suka juga, cuma lebih suka yang nggak dicampur-campur.

Membuat bubur candil ini mudah saja teman-teman. Mirip membuat wedang ronde dan klepon. Kalau udah bisa buat klepon, insyaAllah membuat candil pun gampang. Apalagi kalau pakai resep anti gagalnya bu fatmah. Intip yuk.


Candil Ketan
By: Ibu Fatmah Bahalwan

Bahan:

200 gr   tepung ketan putih
50 gr     tepung beras putih
100 ml  air
200 gr   gula jawa / gula merah
1 ltr       air
Saus santan:
500 ml  santan
½ sdt    garam
1 lbr      daun pandan.

Cara Membuat:

Taruh tepung ketan dan tepung beras dalam wadah, tuangi air sedikit demi sedikit hingga kalis. Basahi tangan dengan air lalu uleni lagi bila terasa adonan masih kurang lemas. Bentuk bulat-bulat seperti kelereng.
Masak gula jawa dan air 1 liter, biarkan hingga mendidih dan gula larut. Saring. Didihkan lagi, lalu cemplungkan bulatan adonan kedalamnya, biarkan hingga mengapung. Aduk rata. Angkat.
Masak semua bahan saus hingga mendidih. Angkat.
Sajikan candil dengan sausnya.
Tips: bila menghendaki bubur yang lebih kenyel-kenyel, gunakan tepung beras ketan semua tanpa campuran tepung beras biasa.

Selamat Mencoba ^_^


No comments: