Steak Tenggiri Saus Putih





Bismillah


Postingan kali ini saya recook resepnya bu fatmah yaitu steak tenggiri saus putih. Saya baru sadar, kalau ikan pun bisa dibikin steak dan rasanya malah lebih enak dari steak daging. Ikan yang dipakai sepertinya harus ikan berdaging banyak seperti tenggiri, salmon dan tuna. Tapi diantara semua ikan, favorit seluruh keluarga termasuk saya adalah ikan tenggiri. Kampungnya abi itu di bengkalis yang lautnya terkenal akan ikannya yang enak-enak. Lautnya nggak cantik, nggak kayak di Bali kampungnya umi. Lautnya banyak lumpur dan pantainya hitam. Tapi jangan salah, ikannya enak-enak. Makanya ikan-ikan di laut kepulauan Riau sampai diekspor keluar negeri seperti jepang dan singapur. 

Kalau di bengkalis itu, tiada hari tanpa ikan. Nggak bosan-bosan. Seringnya dimasak asam pedas. Enak masyaAllah. Ikan tenggiri biasanya dibakar aja dan dimakan dengan sambal kecap udah enak banged. Sekarang kebetulan ke pasar bawah dan ketemu ikan tenggiri bagus segar. Lumayan masyaAllah bisa untuk persediaan, jadi nggak makan ayam atau telur aja. Udah jarang makan ikan karena banyak yang diformalin, alhamdulillah dapat yang segar begini kan senang juga. 

Trus lihat resep baru ini jadi penasaran, gimana sih rasanya. Secara ikan tenggiri ini kan digoreng aja udah enak, gimana kalau dibikin steak ya. Dan benar aja, lezat masyaAllah. Sausnya juga mendukung. Harusnya pakai kentang dan mix veggetables juga seperti di foto resep, sayang minyak goreng habis jadi nggak bisa goreng kentang. Mix vegetables juga nggak ada. Oh ya steak tenggiri ini juga jadi solusi kalau kehabisan minyak goreng seperti saya, hihi. Sehat dan nikmat. Serasa makan di restoran steak aja, hehe.




Resep Steak Tenggiri Saus Putih
Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan:


1. 4 potong ikan tenggiri
2. 3 buah      bawang putih
3. 1 sdm   ketumbar
4. 1 sdm   garam
5. 5 sdm   air
6. 4 sdm   margarin

Bahan Saus:

1. 5 sdm   margarin
2. ½ buah     bawang bombay cincang
3. 2 buah      bawang putih cincang
4. 2 sdm   tepung terigu
5. 200 ml  susu segar

Pelengkap:

French fries
Mixed vegetable

Cara Membuat:

1. Haluskan bawang putih, ketumbar dan garam, beri air. Lumuri ikan dengan bumbu halus ini, diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap.
2. Menggunakan wajan steak, panaskan margarine. Masukkan ikan, masak hingga berubah warna. 
3. Balik dan biarkan hingga matang. Angkat, letakkan pada piring saji. Sisihkan kaldu ikannya.
4. Buat saus putihnya: panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu. 
5. Masukkan tepung terigu aduk rata, tuangi susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan kental. Masukkan sisa kaldu ikan, aduk rata. Biarkan mendidih. Angkat.
6. Sajikan steak ikan dengan saus putih, kentang goreng dan mixed vegetable.

Selamat Mencoba ^_^




No comments: