Urap Sayur




Bismillah

Bumbu urap sisa pare tadi kita bikin urap sayur yuk. Sekalian supaya hari ini sajian sayurnya banyak dan sehat-sehat. Sebenarnya saya kurang suka urap. Sering nggak cocok dengan rasanya. Kadang aneh gitu bumbu urapnya. Sebelumnya belum ada yang pas di lidah. Alhamdulillah resepnya bu fatmah ini enak urapnya. Bisa lumayan sedikit suka deh, hihi. Urap ini insyaAllah sehat. Apalagi pakai sayuran organik tanpa pestisida. Saya membuat urap original aja, nggak banyak banged sayurnya. Pengen banyak tapi di warung susah dapat sayuran. Pengen mengajarkan juga untuk anak-anak supaya suka makan sayuran.



Resep Urap Sayur
oleh Ibu Fatmah Bahalwan.

Bahan:

1. 1 ikat kangkung
2. 1 ikat bayam
3. 1 ikat kacang panjang
4. 250 gram kol putih
5. 100 gram tauge

Bumbu Urap:

1. 1 butir kelapa agak muda, kupas kulit luar lalu parut memanjang.
2. 3 buah cabai besar
3. 3 buah bawang merah
4. 1 buah bawang putih
5. 1 sdt terasi,saya ganti 2 lembar daun salam
6. 1 ruas kencur,saya ganti lengkuas,saya gak suka rasa kencur
7. 2 buah daun jeruk
8. 1 sdm gula merah di sisir halus

Cara membuat:

1. Rebus semua sayuran secara bergantian lalu tiriskan.
2. Bumbu urap: Dalam wadah,campur kelapa parut dengan bumbu halus. Aduk sampai rata. Siapkan dandang pengurus, kukus bumbu urap selama 30 menit.
3. Bisa juga di sangrai di wajan. Kalau sisa bumbunya besok tinggal di sangrai sampai kering,jadi serundeng kelapa. Nikmat di santap bersama nasi hangat bersama kerupuk warung.
4. Kalau sudah matang bumbu urap nya bisa di campur dengan rebusan sayur tadi, siap di sajikan.

Selamat Mencoba ^_^




No comments: