Pie Buah




Bismillah

Pie buah ini membuatnya insyaAllah mudah lho teman-teman, kalau udah terbiasa bikin pie. Cepat lagi. Buahnya bisa buahan kaleng atau ceri merah dan hijau aja. Lebih bagus lagi sih buah segar seperti strawberry dan kiwi. Buat vlanya pun insyaAllah nggak susah. Kulit pienya bisa disimpan dalam wadah kedap udara dan tahan selama sebulan. Jadi jika ingin menyajikan, hanya perlu membuat vlanya saja. Pemberian agar-agar diatas buah supaya buahnya mengkilap dan tampak cantik.

Belajar membuat pie masih berlangsung hingga sekarang. Membuat kulitnya itu sering kurang rapi. Awal mula membuat pie malah pada keropos gerigi kulit pienya. Coba dan coba lagi. Buat macam-macam pie. Dari pie buah, pie brownies, pie susu, pie labu dan pie apel. Semua belajar sendiri menggunakan internet aja. Kenangan membuat pie di madinah, entah mengapa rasanya dulu rajin sekali, sekarang rada malas, hehee. Oleh sebab itu, sekarang mau rajin lagi dan mau semangat lagi. Resep pie buah NCC, insyaAllah kulitnya nggak mudah rapuh dan bagus,



Resep Pie Buah / Fruit Pie
Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan Kulit:

1. 250 gram tepung terigu serba guna
2. 1/2 sdt garam
3. 125 gram mentega
4. 5 sdm air es

Bahan Vla:

1. 500 ml susu cair
2. 100 gram gula pasir halus (kastor)
3. 5 kuning telur
4. 1 sdm mentega
5. 1 sdt ekstrak vanili

Bahan Topping:

1. Aneka buah, seperti strawberry segar iris tipis, kiwi, anggur hijau, anggur merah, jeruk mandarin kaleng, melon, dan lain-lain.

Siraman (didihkan semua bahan):

1. 1 sdt agar-agar bubuk plain
2. 100 ml air
3. 1 sdt gula pasir

Cara Membuat:

1. Kulit: campur semua bahan kulit, uleni hingga menjadi adonan liat.
2. Gilas tipis, cetak pada cetakan pie kecil yang telah diolesi dengan margarin. Tusuk-tusuk bagian bawahnya dengan garpu agar pie tidak mengembung.
3. Panggang hingga matang pada suhu 180 derajat C, selama kurang lebih 20 menit. Angkat dan keluarkan dari cetakan.
4. Vla: cairkan tepung meizena dengan sebagian susu. Masukkan kuning telur, aduk rata, sisihkan.
5. Rebus susu dan gula hingga mendidih. Masukkan larutan tepung meizena dan kuning telur, aduk cepat, biarkan hingga mendidih kembali. Angkat dan sisihkan. Tambahkan mentega dan ekstrak vanili, aduk.
6. Penyelesaian: isi mangkuk pie dengan vla, hias dengan potongan buah, siram 1 sdt agar-agar bening. Biarkan dingin.
7. Hidangkan.

Selamat Mencoba ^_^


No comments: