Cimol (Aci digeMol)




Bismillah

Bikin kue yang asin lagi. Nggak melulu ubi ungu. Udah bosen.. Hihi... Sekarang bikin cimol. Cimol ini adalah aci yang digoreng. Kenyal dan enak. Membuat cimol ini cukup tricky ya teman-teman. Kalau masih anget mengembang cakep. Ntar dah dingin melempem juga. Ini difoto udah dingin. Kurang sreg jadinya. Besok hangat langsung difoto. Resepnya dari mba diah didi lengkap dengan tipsnya.



Resep Cimol
Sumber: Diah Didi
Recook: Selma Wahida

Bahan :

100 gram tepung tapioka
25 gram tepung terigu
1/2 butir putih telur
100 ml air panas ( kurang lebih )
1 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional..jika nggak suka ganti garam aja )
Garam sesuai selera
1/4 sendok teh merica
1/4 sendok teh gula pasir
2 siung bawang putih, haluskan
1 batag daun bawang, iris halus

Cara membuat :

Campur tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang, dan semua bumbu2. Masukkan putih telur, aduk rata sambil di tuangi air panas sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan mudah di bentuk. Jika sudah kalis..air masih..nggak perlu di habiskan ya.
Panaskan minyak di wajan, matikan api. Bentuk adonan cimol bulat2 kecil sebesar kelereng, lalu masukkan ke dalam minyak. Jika sudah cukup adonannya yang masuk ke wajan..segera nyalakan api kecil dan goreng hingga cimol mengembang dan matang. Tekture bagian luar cimol ini renyah dan dalamya tetep empuk kenyal...ketika di makan panas2.


Tips:

Adonan cimol nggak boleh terlalu encer ya..harus seperti adonan di foto terbawah ini..kalis, bisa di bentuk..tapi masih lemes juga..maksudnya bukan jadi adonan yang padat dan kaku. Jika terlalu lunak , nanti lengket2 susah di bulat2..jika terlalu padat ..nanti haslinya jadi keras. Jadi intinya adonan harus bisa di pulung..tapi tetep lembut dan nggak lengket di tangan.
Gunakan air secukupnya. Memang di resep di tulis 100 ml air panas..tapi karena ada tambahan putih telur, maka jumlah air di sesuaikan saja ya teman2..nggak perlu di habiskan nggak pa2..jika adonan sudah kalis..karena jumlah putih telur di masing2 telur itu kan berbeda2..jadi akan pengaruh ke penggunaan airnya.
Untuk menggoreng cimol..gunakan wajan yang tebal..jangan pakai panci alumunium tipis tuch..karena itu sangat menghantar panas..jadi walaupun api kecil..tetep aja cepet gosong...^^
Untuk menggoreng cimol..usahakan juga minyak agak banyak dan cimolnya terendam minyak ketika di goreng...agar adonan cimolnya bisa mengembang bagus. Pertama..panaskan minyak hingga panas sedang, lalu matikan api. Selanjutnya bentuk cimol bulat2 kecil sebesar kelereng, lalu masukkan ke minyak. Jika wajan udah cukup dengan adonan cimolnya..nyalakan api dengan api kecil, lalu goreng cimol hingga mengambang. Nah..jika cimol udah mengambang..baru dech sering di aduk agar matang merata. Dengan cara ini cimol tidak akan mbledos..jika di goreng. Lalu gorenglah sesuai tingkat kerenyahan kulit luar yang diiinginkan..jika ingin renyah banget luarnya..ya bersabarlah dalam menggorengnya ya teman2..karena perlu waktu agak lama..hihi.
Adonan cimol..jangan di simpan2 lama2 ya di suhu ruang...apalagi bikin malam, karena ngantuk terus di tinggal tidur..atau di simpan di kulkas..hihi..karena akan mengeras dan bisa jadi asem rasanya alias basi..jadi sebaiknya bikin secukupnya saja..lalu di goreng semua..kalau besok mau makan cimol lagi..ya bikin adonan lagi..hihi.
Cimol paling enak di nikmati ketika masih panas..jadi kulit luarnya bisa renyah. Kalau udah dingin ya..sedikit mengkerut dan liat cimolnya,...itu sangat wajar.

Selamat Mencoba ^_^

No comments: