Cake Puding Karamel


Bismillah

Bikin cake panggang yuk. Sengaja cari cake yang belum pernah dibikin supaya sambil belajar. Cake ini termasuk jenis cotton cake. Cake yang paling rumit buatku. Cheese cake kan juga cotton cake. Tapi cotton cake ini sedap banged. Empus-empus dan lembuut. Truly cake ya. Untuk membuat cotton cake ini perlu metode khusus. Membuat adonan cakenya hampir mirip caranya dengan membuat adonan chiffon, tapi untuk metode memanggangnya mesti metode au bain marie. Loyang berisi adonan cake ditaruh dalam loyang berisi air. Mengisi airnya hanya sepertiga loyang. Airnya kalau bisa air panas ya. Loyangnya kalau pakai yang bersambung, jangan lupa dialas aluminium foil ya. Memanggangnya harus sering dicek, dilihat jangan sampai airnya habis. Nah cake puding karamel ini adalah perpaduan cotton cake dan puding karamel. Karamelnya itu yang bikin enak ya. Cake ini paling nikmat dimakan dingin-dingin. Cotton cakenya punya motif zebra yang cantik. Warna pink, ungu dan hijau. Sebenarnya cake ini udah lama ngetop di negeri jiran. Udah lama juga saya ngiler sama cake ini. Baru sekarang bisa bikin sendiri. Alhamdulillah perdana sukses. 





Resep Cake Puding Karamel
Sumber: Hesti Kitchen

Bahan Karamel :

1. 3 sdm munjung gula pasir

Bahan Puding :

1. 300 ml susu cair
2. 90 gr gula pasir
3. 3 kuning telur - 1 butir telur utuh
4. 1/2 sdt vanili bubuk

Bahan Cake :

1. 70 gr gula pasir
2. 3 kuning telur
3. 135 ml susu cair
4. 45 ml minyak - 1/2 sdt vanili
5. 1/2 sdt garam
6. 140 gr tepung terigu
7. 1 sdt baking powder - 6 putih telur
8. 70 gr gula pasir

Cara Membuat : 



1. Tuang gula pasir untuk karamel ke dalam loyang. Panaskan di atas kompor dengan api sedang sampai semua gula meleleh dan menjadi karamel (jangan terlalu lama nanti pahit). Goyang goyangkan agar merata. Sisihkan sampai mengeras.





2. Aduk semua bahan puding sampai gula larut (jangan dikocok). Tuang ke atas bahan karamel sambil disaring. Sisihkan.





3. Cake : kocok kuning telur, minyak, susu cair, garam dan vanili sampai berubah warna jadi putih. Tambahkan gula, kocok lagi sampai mengembang. Tambahkan campuran terigu dan baking powder yang sudah diayak. Aduk balik perlahan sampai rata.






4. Dalam wadah yang lain kocok putih telur sampai berbusa. Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai jambul petruk atau soft peak. Matikan mixer. Tambahkan 1/3 bahan putih telur ke dalam adonan kuning telur. Aduk balik perlahan sampai rata. Masukkan sisa putih telur dan aduk balik perlahan hingga rata.













5. Bagi 3 adonan sama banyak. Beri warna ungu, merah muda dan hijau tosca. Tuang adonan ke atas adonan puding karamel tadi. Lakukan secara bergantian dimulai dari ungu, merah muda dan hijau. Tuang adonan ungu sebanyak 3 sdm penuh lalu 3 sdm adonan merah muda lalu 3 sdm adonan hijau. Ulangi sekali lagi. Setelah itu tuang 2 adonan ungu, 2 aonan merah dan 2 adonan hijau. Ulang sekali lagi. Berikutnya tuang adonan sesendok sesendok sampai habis. Buat garis dengan tusuk sate sebanyak 3 kali untuk membentuk motif.






6. Panggang dengan cara au bain marie dengan panas oven 160 C atau 325 F selama 1 jam atau sampai ditusuk keluar dalam keadaan kering.



7. Angkat kue. Biarkan pinggirannya lepas dari loyang. Bantu lepaskan puding dengan cara mengikis dengan pisau pinggirannya. Lakukan perlahan agar puding tetap bulat sempurna. Tuang dalam piring saji.
8. Hilangkan uap panas dan simpan dalam kulkas. Siap disajikan dalam keadaan dingin.

Selamat Mencoba ^_^


No comments: