Buffalo Chicken Wing

Bismillah
Ngelunch dengan buffalo chicken wing yuk. Lumayan nikmat dicocol sambal dan mayones. Hmm, mamamia lezatos. Dimakan dengan nasi dan salad juga yummy. Menurutku, rasanya mirip ayam panggang kecap. Kenapa dinamakan buffalo chicken, saya pun kurang faham, hanya mencontek resep mbak ita aja. Overall silahkan dicoba dirumah ya, membuatnya mudah kok, tinggal bumbui, diamkan semalaman lalu panggang deh. Saya akan share resep aslinya ya, sebelum saya modif sana sini karena menyesuaikan dengan bahan di rumah. Mudah-mudahan berkenan dan bisa dicoba di dapur teman-teman. ^^

Resep Buffalo Chicken Wing
Sumber: Ita-DapurGriyaKhayangan
Bahan:
1. 500 gram sayap ayam
2. 1/2 sdm air jeruk lemon
3. 1 siung bawang putih cincang halus
4. 2 sdm kecap inggris
5. 1 sdm saus tomat
6. 1 sdm saus sambel
7. 1 sdt mustard
8. 1 sdt garam (secukup rasa)
9. 1 sdm paprika bubuk
10. 1/2 sdm gula palem
11. 1 sdm margarin dilelehkan
Bahan Saus Cocolan:
1. 100 gr mayones
2. 2 sdm saus tomat
3. 1/2 sdt gula halus
4. 1/2 sdt merica halus
5. 1/2 sdt air jeruk lemon
Cara Membuat:
1. Lumuri sayap ayam bersama air jeruk lemon, bawang putih, kecap inggris, saus tomat…mustard, garam, paprika bubuk, gula palem dan margarin leleh. Diamkan minimal 2 jam dalam lemari es, kalau saya suka menyimpan dalam kulkas selama semalam (12 jam) agar bumbu lebih meresap ke dalam ayam.
2. Siapkan loyang untuk memanggang sayap ayam, lapisi dengan aluminium foil agar tidak mengotori loyang dan sayap ayam tidak lengket diloyang. Olesi loyang yang sudah dilapisi aluminium foil dengan minyak goreng. Letakkan sayap ayam diatas loyang, lalu panggang didalam oven dengan api bawah 170’C kurang lebih selama 30 menit. Sekali sekali dibalik-balik agar tidak gosong, dan olesi dengan bumbu marinade yang masih ada. Jika sudah kuning kecoklatan dan matang segera angkat.
3. Membuat sausnya, aduk rata semua bahan saus dan rasakan sudah cukup enak belum rasanya. jika kurang garam boleh ditambahkan sejumput garam halus. Sajikan sayap ayam bakar bersama sausnya.
Selamat Mencoba ^_^
27 Des 2013

No comments: