Lapis Surabaya Ekonomis




Bismillah

Alhamdulillah akhirnya bisa bikin lapis surabaya. Sebelumnya maju mundur pengen bikin tapi jantungan lihat jumlah telurnya, 20-30 teluur, sepapan. Bisa kena semprot zauji kalau bikin kue dengan telur sebanyak itu. Nah ini saya buat versi ekonomisnya.

450 gram telurnya, sekitar 7 telur. Cuma saya ganti jadi 10 kuning telur dan 3 putih telur, supaya warnanya kuning. Trus ini juga tanpa mentega, karena kebetulan di rumah nggak ada mentega, nyari resep lapsur tanpa mentega, akhirnya ketemu, alhamdulillah. Jadi lapsur ini selain ekonomis juga lebih sehat, lebih kurang kolesterol dibanding yang biasa. Tapi rasanya sama lembutnya, beneran deh. Lihat aja dari fotonya yang lembut banged kan. Ini aja sisa dua potong buat difoto, selebihnya ludesss...hihihi. Mau lebih ekonomis lagi? Bisa, buat aja setengah resep, sekitar 4 telur dengan loyang brownies, jadi hemat deh. Awalnya pengen bikin yang double choco, eh coklat pasta habis, ini cuma pakai coklat bubuk aja. Akhirnya kembali ke model biasa aja. Sp nya saya skip, tetap ngembang kok, asal gerak cepat ya. Next time insyaAllah pengen buat lagi, enak sih. 


Bicara soal foto ni, udah pakai ranting, hihihi. Senangnya akhirnya ketemu ranting juga di mantiqo baidha', bisa ikut-ikut trend, hehehe, jadi malu. Belum nemu daun kering dan bunga kering. Masih nunggu mahrojan zuhuur di madinah, kapan ya. Pengen beli mawar insyaAllah. Dan bunga lain kalau ada. Liburan ini mainnya di sekitar madinah aja supaya hemat, hehehe. Mau nabung supaya bisa pulang, aamiin.



Resep Lapis Surabaya Ekonomis
Sumber: Lily T-yU Cake - Irene Susianto

Bahan:

1. 465 gram telur utuh (sekitar 7 butir)
2. 160 gram gula pasir
3. 25 gram SP (saya nggak pakai)
4. 100 gram tepung terigu protein sedang/rendah
5. 40 gram maizena
6. 35 gram susu bubuk
7. 140 gram margarin yang dilelehkan (saya ganti minyak)
8. 1 sdt pasta coklat (saya nggak pakai)
9. 10 gram coklat bubuk
10. 1 sdt baking powder (saya nggak pakai)

Cara Membuat:

1. Telur,gula dan SP di kocok sampai kental dan berjejak.
2. Masukan Terigu,maizena dan susu bubuk aduk rata.
3. Terakhir masukkan margarin leleh dan rhum aduk lg hingga rata.
4. Bagi adonan jd 3 bagian
5. Yang 1 bagian ditambahkan coklat bubuk, pasta BF dan baking powder.
6. Tuang ke 3 loyang uk 22x22x4cm yang sudah dioles dengan olesan loyang
7. Untuk adonan coklat, sebaiknya dialasi kertas roti juga supaya tidak lengket.
8. Panggang dgn suhu 180 selama kurang lebih 15-25menit sampai matang. 
9. Susun lapisan cake dari yang kuning, coklat dan terakhir kuning. Oles selai atau susu kental manis di antara tiap lapisan. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^





With Love










post signature

6 comments:

Lys Ty said...

Sampai detik ini masih takut mba buat lapis surabaya hihi, tapi lihat resep ini kapan-kapan coba ah mba Selma :)

selma alan said...

Yuk mbak dibuat...sama lembutnya...enak

riawani elyta said...

Thank you mak resepnya. Selama ini sll jiper dibuat resep lapsus yg pake banyak telur. Ternyata ada versi iritnya

turiscantik.com said...

pernah bikin tapi gagal makasih resepnya jadi semangat bikin lagi heheh

selma alan said...

Iya mak...adaa...dan nggak kalah lembutnya plus nggak sekolesterol yg biasa...dcoba ya.
.

selma alan said...

Sama2 mbak...smg sukses ya....semangat!!:)