Kue Lumpang

Bismillah  
Keseringan membuat cake dan tart jangan sampai melupakan kue negeri sendiri ya. Apalagi kalau bukan kue basah tradisional. Kalau saya sih cenderung lebih suka kue basah dibandingkan cake dan tart. Rasanya nggak ada bosannya menikmati kue basah. Aromanya nggak membuat eneg. Apalagi gorengan, bisa habis banya sekali duduk, hehehee(kayaknya gorengan nggak termasuk kue basah ya?-_-). Kue basah tradisional indonesia bahannya hampir sama, bahan-bahan yang menampilkan ciri khas negeri kita seperti santan, pandan, gula merah, tepung ketan, tepung beras, dan aneka umbi seperti ubi, talas, singkong, labu kuning dan buah-buahan seperti pisang dan nangka. Masih banyak bahan lainnya yang tidak saya sebutkan selain bahan yang umumnya dipakai seperti diatas.  

Nah, sebagian bahan diatas ada di madinah, tapi seperti santan asli, pandan, nangka dan singkong tidak pernah saya temukan disini. Sisanya dijual dengan harga yang lumayan mahal. Padahal kalau di indonesia, ubi, singkong, pisang dan nangka serta daun pandan tinggal metik, karena sangat banyak ditemukan, atau kalau dibeli di pasar harganya murah sekali.  
Kue basah tradisional yang menjadi sajian hari ini adalah kue lumpang. Sengaja mencari kue yang beraroma pandan, supaya zauji suka dan beneran ternyata zauji suka. Langsung komentar enak lagi deh. Xixiixixi sepertinya saya jadi ketagihan dibilangin enak…nggak papalah ya, suami sendiri (ʃ-_-)  

Resep Kue Lumpang
Sumber: Nani Saptina  
Bahan:  
1. 160 gram tepung kanji/tapioka
2. 220 gram tepung beras atau bisa diganti tepung terigu
3. 300 gram gula pasir
4. 750 ml santan
5. Sejumput garam
6. 1 sdt pasta pandan
7. Kelapa parut secukupnya  
Cara Membuat:  
1. Ayak tepung kanji dan tepung terigu.kemudian masukan gula,aduk rata
2. Masukan sedikit demi sedikit santan sambil adonan tetap di aduk,sampai tercampur rata dan tidak ada tepung yg menggumpal lagi
3. Beri garam dan pasta,aduk rata kembali. Saring adonan
4. Olesi cetakan dengan minyak,lalu tuang adonan kedalam cetakan,kukus hingga warnanya berubah menjadi hijau transparan dan timbul cekungan menyerupai lumpang.
5. Taburi kelapa parut. Nikmati ketika hangat,lebih nikmat  
Selamat Mencoba ^_^

No comments: