Talam Ketan

Bismillah
Buat kue basah tradisional lagi yuk. Hari ini saya membuat kue yang sudah tidak asing lagi kita cicipi, Kue Talam Ketan. Seperti kue basah tradisional lainnya yang selalu menjadi kesukaanku, begitupula kue yang satu ini. Aroma ketan dan lembutnya talam berpadu aroma mocca dilapisan coklatnya menghasilkan kombinasi nikmat menggugah selera. Hanya kurang manis saja, mungkin karena sudah terbiasa makan yang manis sekali, jadi bagiku ini masih kurang manis. Padahal nggak sehat kan makan yang manis terus, rawan diabetes.  
Di Saudi Arabia, diabetes menjadi pemecah rekor, penyakit dengan angka ddtertinggi. Masyarakat saudi paling suka dengan halwa(manisan), cake dan sejenisnya. Asir(jus) yang dijual pun, manisnya pekat sekali. Waktu pertama kali di madinah dan mencicipi asir disini, langsung kaget karena maniiiissss banged. Sekarang saya malah sudah terbiasa minum asir disini. Ketika mudik ke indonesia, selalu makanan dan minumannya saya rasa kurang manis. Gawat banged ya. Sebenarnya makanan indonesia lumayan sehat kalau ditinjau dari kadar gulanya. Coba saja lihat kue basah tradisional yang bahannya biasanya menggunakan gula merah. Gula merah atau aren paling sedikit kadar gulanya dibandingkan gula pasir. Untuk menetralkan kadar gula dalam darah, ada baiknya kita menyeimbangkannya dengan makan sayuran pahit seperti pare, kemangi dan kalau di madinah mungkin sayur jarjir. Overall, back to kue “Talam Ketan”, saya share resepnya ya. InsyaAllah enak deh, makan satu rasanya pengen nyomot lagi :p
  
Resep Talam Ketan
Sumber: Google  
Bahan ketan :  
1. 200 gram beras ketan, rendam semalam
2. 1/2 sdt garam
3. 300 ml santan dari 1/4 butir kelapa parut  
Lapisan talam :  
1. 100 gram tepung beras
2. 50 gram tepung tapioka
3. 100 gram terigu
4. 150 gram gula pasir
5. 1/2 sdt garam
6. 750 ml santan dari 3/4 butir kelapa parut
7. pasta coklat mocca, pasta strawbery, pasta pandan, pewarna biru.  
Cara membuat :  
1. Panaskan kukusan sampai panas. Cuci bersih beras ketan, tiriskan.
2. Dalam sebuah wadah tahan panas (saya pake loyang) campur jadi satu beras ketan, santan dan garam. Kukus selama 30 menit.
3. Siapkan loyang ukuran 18 x 18 x 7, alasi plastik bag dasar dan sisi loyang. Olesi minyak goreng.
4. Angkat ketan dari dandang, aduk rata. Tuang ketan ke dalam loyang beralas plastik, padatkan. Kukus kembali selama 15 menit.
5. Selama ketan dikukus, siapkan adonan talam. Campur semua bahan, tep beras, tepung tapioka, terigu, gula, dan garam. Tuangi santan sambil diaduk rata.
6. Bagi menjadi 4 bagian. Beri pasta coklat mocca, pandan, strawbery dan pewarna biru.
7. Tuangkan adonan coklat di atas ketan, kukus 10-15 menit sampe keras.
8. Setelah keras, tuangkan adonan hijau, kukus sampe keras. Begitu juga adonan pink dan biru.
9. Setelah lapisan terakhir dituang, kukus selama 25 menit.
10. Angkat dari kukusan, dinginkan di dalam loyang sampai benar benar dingin. Potong dengan pisau beroles minyak. Sajikan.  
Selamat Mencoba ^_^  
13 Des 2013

No comments: