Orange Magic Custard Cake




Bismillah

Senang sekali dengan resep cake kali ini. Menurutku cake yang cukup unik. Namanya saja magic custard cake. Asal muasal dikatakan magic karena dengan satu adonan cake bisa membuat cake dengan tiga lapisan sekali memanggang...keren ya. Awalnya satu adonan yang homogen. Eh begitu setelah dipanggang....voila keluarlah cake dengan tiga lapisan. Lapisan atasnya sponge cake, yang tengah custard lembut dan bagian bawah lebih padat daripada yang tengah. Rasanya pun lembuuut sekali. Karena ada penambahan jeruk, jadi cakenya lebih segar dan nggak bau amis. Kalau mau plain, mesti ditambah vanilla ya teman-teman, supaya nggak bau amis telur dan susu. Nah lebih baik pakai jeruk seperti ini. Selain menghilangkan amisnya, rasa cakenya juga segar. Biar lebih bercita rasa jeruk lagi, atasnya saya taburi lagi jeruk bubuk. Hmm,,,sedap dan wangi. Dimakannya pas dingin ya,,,nyess lembuut macam makan cake puding.




Resep Orange Magic Custard Cake
Sumber: whiteonricecouple - Dapur Vanilla

Bahan:

1. 113 gram butter
2. 480 ml susu cair + 3 sdm bubuk jeruk
3. 4 butir telur, pisahkan kuning dengan putihnya
4.1 sdt air jeruk nipis
5. 150 gram gula bubuk
6. 1 sdm air
7. 115 gram terigu
8. 1 buah jeruk sunkist, ambil kulit bagian kuningnya



Cara membuat:

1.   Panaskan oven di suhu 160°C.  Siapkan loyang 18x18x7cm.  Oles dengan margarin dan alas dengan kertas roti.  Sisihkan.
2.   Lelehkan butter + margarin, sisihkan.  Panaskan susu yang sudah dicampur bubuk jeruk asal hangat, sisihkan.
3.   Kosok putih telur dan air jeruk nipis dengan kecepatan tinggi sampai kaku.  Sisihkan.
4.   Kocok gula bubuk dan kuning telur sampai pucat (± 5 menit).  Masukkan butter + margarin leleh dan air, kocok rata.
5.   Tambahkan terigu.  Kocok rata dengan speed rendah.  Masukkan susu cair, kocok rata.  Tambahkan kulit keruk.  Kocok rata.  Matikan mixer.
6.   Masukkan putih telur dalam 3 tahap.  Aduk rata dengan spatula.  Pada tahap ini jangan tergoda untuk menggunakan mixer untuk mencampur adonan, aduk hanya sampai bongkahan besar adonan putih telur menjadi bongkahan atau butiran kecil mengambang di permukaan adonan.  Kalau dikocok dengan mixer nanti udara yang ada diadonan akan hilang dan kita gak bakal dapat lapisan sponge-nya (lapisan paling atas).
7.   Tuang ke loyang.  Oven selama 50 – 60 menit.

Selamat Mencoba ^_^







With Love




post signature

No comments: