Ayam Goreng Lengkuas


Bismillah

Ayam goreng lengkuas atau lebih familiar dengan nama ayam goreng bumbu. Favorit dari anak-anak hingga orang dewasa. Wangi ayam gorengnya khas. Cuma saya nggak begitu suka yang dijual-jual karena sering dapet yang agak keras. Mau bikin sendiri juga terkendala terus sama lengkuasnya. 

Nah kebetulan sekali adik ipar nanya resep ayam goreng bumbu ini. Akhirnya memberanikan diri bikin. Sok bisa padahal belum pernah tuh. Hihihi. Alhamdulillah jadi. Ayamnya nggak keras, pas. Bumbunya juga wangi. Padahal pakai lengkuas biasa bukan yang muda. Sepertinya kalau pakai yang muda lebih maknyus deh. Maklum disini susah banged nyari lengkuas. 


Resep Ayam Goreng Lengkuas
Sumber: Ricke Indriani - NCC

Bahan:

1. 1 ekor ayam, potong 8-12 bagian
2. 5 siung bawang putih
3. 4 buah bawang merah 
4. 1 sdm ketumbar 
5. 2 batang lengkuas
6. 3 cm kunyit
7. 3 butir kemiri
8. 1 ruas jahe
9. 1 sdt garam
10. 1/2 sdt merica bubuk
11. 1 sdt gula pasir
12. 2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
13. 1 batang sereh, digeprek (*ummi: ga pakai, krn ga ada stok)
14. 200 ml air

Cara Membuat:

1. Haluskan: Bawang putih, bawang merah, ketumbar, 1 batang lengkuas, kunyit, jahe dan kemiri.
2. Campur bumbu halus dengan lengkuas yang telah diparut. Lumuri ayam dengan bumbu.
3. Masukkan ayam ke dalam panci atau wajan. Beri air. Aduk rata. Beri garam, merica bubuk, gula pasir, daun jeruk dan sereh. Masak ayam sampai airnya kering.
4. Pisahkan ayam dari bumbu serundeng lengkuas. Hal ini dilakukan untuk memudahkan penggorengan, jadi ayam dan bumbu serundeng lengkuasnya digoreng terpisah. Dengan begitu serundeng tidak akan hangus sebelum ayam selesai digoreng.
5. Panaskan minyak yang banyak. Goreng ayam hingga kecoklatan. Angkat. Tiriskan.
6. Goreng sisa bumbu serundeng lengkuas sampai kuning kecoklatan. Angkat. Tiriskan. Taburkan ke atas ayam. Siap disajikan hangat.

*Tips: goreng bumbu serundengnya dengan menggunakan saringan minyak yang berlubang halus. Jadi taruh bumbu di saringan. Celup saringan ke minyak dan goreng sampai bumbu kering dan kecoklatan sambil sesekali diaduk. Jadi mudah saat mengangkat dari penggorengan, tinggal angkat aja saringannya.

Selamat Mencoba ^_^



With Love




post signature

No comments: