Japanese Roll Cake




Bismillah

Alhamdulillah memberanikan diri membuat Japanese Roll Cake atau JRC setelah bertahun maju mundur. Udah lewat trendnya, sekarang gantian bolu gulung batik kalau nggak salah. Karena saya yang memang nggak pandai menghias-hias, nggak bakat deh. Tapi entah mengapa hari ini jadi buat ini. Setelah beberapa kali membaca resep dengan seksama dan memutuskan memilih resep blog kesayangan, hesti kitchen.

Membuat JRC ini ternyata nggak sesulit yang dibayangkan kok, beneran, malahan mengasyikkan banged. Apalagi kalau punya loyang lebih gede, mungkin JRC ku bisa lebih cantik karena lebih banyak gulungannya. Ini aja udah "kawai" banged. Walau strawberrynya gede-gede, tapi suka sekali sama warnanya. Asyik mencoret-coret adonan di kertas roti. Di kesempatan lain rasanya pengen nyoba "melukis" lagi. Yang simpel aja, tapi cute dan pinky seperti favoritku.

Tips membuat JRC, membuat adonan motifnya agak tebal ya, karena sebagian nempel di kertas rotinya, ntar kalau ketipisan, motifnya pudar dan nggak cantik lagi. Trus seperti bolu gulung biasanya, yang paling penting timing memanggang yang tepat. Jangan terlalu sebentar, nanti bolunya basah dan adonan motifnya nempel semua di kertas roti. Jangan juga kelampau kering, bisa patah dan retak ketika digulung. Jadi kenali oven masing-masing ya. Oya, JRC ku kelihatan ada putih-putihnya ya? Kayaknya karena mengocok putel ke adonan kuning telur yang kurang homogen, habis takut turun dan bantat, hehehe. Alhamdulillah enggak, JRC nya lembuuut banged, sedap sekali. Nggak eneg makannya. Karena nggak pakai banyak telur.



Resep Japanese Roll Cake

Bahan Adonan I:

1. 5 butir kuning telur
2. 50 gram gula pasir
3. 40 cc minyak goreng
4. 60 cc air
5. 80 gram tepung terigu

Bahan Adonan II:

1. 150 gram putih telur
2. 40 gram gula pasir
3. 15 gram tepung maizena
4. 1/2 sdt garam
5. 1/2 sdt vanili

Bahan Adonan Motif:

1. 40-50 gram putih telur
2. 10 gram gula pasir
3. 5 gram tepung maizena

Filling:

1. Selai Aprikot




Cara Membuat:

1. Panaskan oven dengan suhu 170-175 C. Siapkan 1 buah loyang ukuran 22x22x5 cm. Poles bagian bawah dan pinggiran loyang (hanya untuk melengketkan kertas roti saja). Lalu beri alas kertas roti pada bagian dasar dan pinggiran loyang, tidak usah dipoles mentega lagi. Sisihkan.
2. Buat adonan I: Kocok kuning telur, vanili dan gula pasir hingga mengembang kental. Kocok speed sedang, tambahkan minyak goreng hingga habis, kocok hingga rata, tambahkan air sedikit demi sedikit, kocok rata.. Masukkan tepung terigu sambil tetap dikocok speed sedang, kocok hingga rata dan kental. Sisihkan.
3. Buat adonan motif: Kocok putih telur dan sebagian gula pasir hingga mengembang, tambahkan sedikit lagi hingga habis sisa gula pasirnya, sambil tetap dikocok speed sedang, kocok hingga mulai soft peak. Masukkan tepung maizena ke dalamnya. Kocok sebentar hingga tercampur rata kental/soft peak, jangan sampai hard peak. Matikan mixer.
4. Ambil 4-5 sdm adonan I, masukkan ke dalam adonan bahan untuk membuat motif, aduk ringan merata. Bagi menjadi 4 bagian. Beri pewarna merah, merah muda, hijau dan plain. Aduk rata. Masukkan dalam piping bag.
5. Gambar motif strawberry dimulai dengan titik-titik putih lalu daunnya lalu gradasi merah dipinggirannya dan strawberrynya. Panggang motif selama 1 menit. Keluarkan dan sisihkan.
6. Buat adonan II: Kocok putih telur, sebagian gula pasir dan garam hingga mengembang. Tambahkan sisa gula pasir, kocok lagi hingga soft peak. Masukkan tepung maizena, kocok rata.
7. Ambil sebagian adonan putih telur (adonan II), masukkan ke dalam adonan I, aduk balik. Tambahkan sisa semua adonan II, aduk balik hingga rata.
8. Ambil loyang yang telah diberi motif, tuangkan adonan cake diatasnya. Ratakan, hentakkan perlahan beberapa kali loyang adonan untuk meratakan adonan hingga ke dasar dan menghindari udara terperangkap di dalam supaya tidak muncul gelembung.
9. Panggang selama 15-20 menit hingga matang dan kecoklatan permukaannya.
10. Setelah matang, keluarkan cake dari loyang, lepas kertas roti hati-hati, biarkan hingga dingin/ uap panas hilang.
11. Saat cake sudah dingin. Poles permukaan atas cake (yang tidak bermotif) dengan bahan filling, lalu gulung rapi, bungkus rapat dengan kertas roti penggulungnya. Simpan sejenak di lemari es hingga set. Siap disajikan.

Selamat Mencoba ^_^


With Love








post signature

No comments: