Siomay Bandung





Bismillah

Saya paling suka siomay, lebih-lebih batagor. Kalau milih diantara keduanya, saya biasanya milih batagor. Cuma kebetulan stok tahu lagi kosong, jadi buat siomay aja. Siomaynya pakai daging ayam dan sedikit ebi. Eh kata zauji dan adik berasa ikan. Siomay ala mbak ricke ini mantap banged, Enak dan buatnya juga simpel. Rasanya malah seperti yang dijual di warung siomay yang cukup terkenal di pekanbaru, namanya siomay unyil. Dulu kami suka sekali beli siomay disana. Walaupun cukup jauh letaknya dari rumah kami. Siomay disana bukan ala resto dan china yang dibungkus kulit pangsit, tapi yang khas indonesia, tanpa kulit pangsit. Saya suka sekali. Di warung siomay itu, kita bebas milih telur, kol dan pelengkap siomaynya sesuka kita takarannya. Nah siomay yang saya buat ini juga terinspirasi dari sana, minus pare karena nggak ada yang suka.

Siomay ini berasal dari jawa barat. Kalau yang pakai campuran tahu adonannya plus digoreng, namanya batagor. Diadaptasi dari china. Bedanya dengan shumai china ya siomay ala jawa barat ini nggak dibungkus kulit pangsit. Dalam masakan Indonesia terdapat berbagai jenis variasi siomay berdasarkan daging untuk isi, mulai dari siomay ikan tenggiri, ayam, udang, kepiting, atau campuran daging ayam dan udang. Bahan untuk isi dicampur dengan sagu atau tapioka.

Siomay biasanya disajikan dengan beberapa jenis bahan pelengkap. Pelengkap siomai yang biasa disajikan antara lain telur ayam rebus dan sayuran seperti kentang, peria dan kubis. Sebelum dihidangkan, biasanya siomai dan bahan pelengkapnya dikukus agar dapat disajikan dalam kondisi hangat. Tahu bakso (tahu putih dan tahu kulit yang diisi adonan tapioka) juga dapat dimasukkan ke dalam jenis siomai. Karena itulah di Jawa Barat, siomai juga populer dengan sebutan Bakso Tahu.

Siomay umumnya dihidangkan dengan siraman saus kacang yang dibuat dari kacang tanah yang dihaluskan dan diencerkan dengan air. Bumbu untuk saus kacang ini antara lain cabai merah, bawang putih, gula pasir, asam jawa, bawang putih, garam dapur, dan cuka. Sewaktu disajikan, siomay bisa ditambahkan kecap manis, sambal botol dan perasan jeruk limau. (Sumber: Wikipedia)

Oh ya, kuah kacangnya saya modif sedikit dengan penambahan gula merah. Awalnya masih kurang sreg, kurang mirip yang dijual-jual. Pas ditambah gula merah barulah perfecto. Duh sayang buatnya cuma dikit. Dari setengah kilo ayam, cuma jadi 4 porsi, tapi gede sih porsinya, hehehe. Acara masak-masak kami ini di dapurnya adikku bareng adik ipar. Dapurnya enak, luas dan ada kitchen setnya. Tuh bisa motret di marmer deh, hihii. Kalau dapurku si comel seperti namanya dapur comel. Setengahnya dapur adikku. Kalau masak bareng mesti sempit-sempitan. Walau begitu di dapur comelku inilah, saya menghasilkan karya-karya masak yang saya tuangkan di blog saya ini. Luv it. :)



Resep Siomay

Bahan:

1. 500 gram daging ayam, giling
2. 2 sdm ebi, rendam air panas, haluskan
3. 5 butir bawang merah, haluskan
4. 4 siung bawang putih, haluskan
5. 1 sdt garam
6. 1/4 sdt merica bubuk
7. 2 sdm gula pasir
8. 1/2 sdt kaldu bubuk (optional)
9. 1 sdm kecap ikan
10. 1 sdm minyak goreng
11. 100 gram labu siam, kupas, cuci bersih, parut kasar dan tiriskan
(tidak perlu diperas airnya)
12. 3 butir telur, kocok lepas
13. 2 batang daun bawang, iris halus
14. 200 gram tepung Sagu Tani

Pelengkap:

1. Kulit siomay/kulit pangsit, jika tidak ada langsung bentuk siomay bulat-bulat dengan bantuan 2 buah sendok makan
2. Kentang, kukus setengah matang belah dua
3. Tahu putih/tahu kulit coklat, potong segitiga (saya nggak pakai)
4. Telur rebus, dibelah dua
5. Pare, dibuang bijinya (saya nggak pakai)

Cara membuat:

1. Campur ikan tenggiri giling/udang+ayam dengan bawang merah halus, bawang putih halus, garam, merica, kaldu bubuk, gula pasir, kecap ikan dan minyak goreng. Aduk rata.
2. Masukkan labu siam. Aduk rata. Masukkan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Masukkan daun bawang, aduk rata.
3. Terakhir masukkan tepung sagu tani. Aduk hingga rata dan kalis. Siap dibentuk dan diisikan ke bahan pelengkap.
4. Kukus dalam kukusan yang telah panas dan beruap sampai matang sekitar 30 menit, tergantung besar kecilnya adonan dibentuk. Siap disajikan hangat.
5. Bila mau digoreng, setelah dikukus angkat dari kukusan. Tiriskan sebentar, lalu goreng sebentar saja hanya sampai kulitnya kuning kecoklatan.

kuahnya kental ya, abis tu saya encerin lagi. Sesuai selera aja.


Bahan saus kacang:

1. 500 gram kacang tanah goreng, haluskan (saya lebih suka yg tidak terlalu halus, masih ada kasar-kasar kacangnya. Jadi diblendernya ga sampai halus banget)
2. 5 buah cabai merah besar, haluskan
3. 5 siung bawang putih, haluskan
4. 2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
5. 1 sdm garam (peres ya...)
6. 3 sdm gula pasir (saya ganti gula merah 5 sdm)
7. 1 sdm air jeruk nipis
8. 1 liter air

Cara membuat:

1. Tumis bawang putih, cabai merah dan daun jeruk sampai harum. Masukkan air. Aduk rata.
2. Masukkan kacang yang telah dihaluskan. Aduk rata. Beri garam dan gula pasir. Aduk rata.
3. Masak sambil terus diaduk sampai mendidih dan mengental dan akan terlihat berminyak (berasal dari minyak kacang yang memisah). Beri air jeruk nipis. Aduk rata. Angkat.

Sajikan siomay beserta saus kacang, kecap manis dan perasan air jeruk limau.

*Bila mengukus pakai dandang, olesi dulu dasar alas dandang dengan minyak agar adonan tidak menempel.
**Untuk bumbu sausnya, dicicip saja apakah sudah pas dengan selera lidah Anda ya, klo kurang bisa ditambahkan sesuai keperluan

Selamat Mencoba ^_^







With Love





post signature


No comments: