Carang Gesing



Bismillah


Lanjut dengan Carang Gesing. Carang Gesing adalah makanan tradisional khas Solo, Jawa Tengah dengan bahan dasar pisang yang dikukus dalam daun pisang.
Jika dilihat dari bentuknya, makanan ini mirip dengan Nagasari, akan tetapi sebenarnya bukan Nagasari – Wikipedia. Ada perbedaan Carang Gesing dan Nagasari. Salah satu perbedaannya adalah cara membungkusnya, kalau Nagasari dibungkus dengan panjang dan pipih atau seperti amplop, sedangkan Carang Gesing dibungkus dengan model seperti membungkus nasi. Kemudian bagian atasnya ditusuk lidi agar bungkusan tersebut tidak terlepas. Selesai dikukus, kue ini cukup menarik juga untuk disajikan saat ada acara keluarga atau malah saat rapat, dengan dibungkus daun Pisang membuat kue ini terlihat menarik. Saat kita membuka kuenya, terlihat jelas santan yang menyatu dengan tepungnya. Kue iti tidak kaku, tapi agak lembek. Jadi kalau menikmati Carang Gesing itu baiknya menggunakan sendok. Kue ini mirip puding atau es krim kata zauji, hihihi. Mungkin karena teksturnya yang lembut dan manis itu ya.

Saya dari dulu sering juga makan kue ini, tapi nggak tau namanya. Sangkain sejenis bubur pisang, hohoho. Maklum aja ya, saya kan orang sumatra. Apalagi kenal kue-kue itu juga belakangan ini aja. Sekarang baru sadar, banyak sekali jajanan yang masih asing bagi saya. Ataupun pernah makan, cuma nggak tahu namanya, seperti kue ini.

Membungkus kue ini cukup ribet bagi saya. Maklum baru-baru megang daun pisang, hehee. Saya contek caranya di blog lestari, dan resepnya dari blog favorit, blognya mbak hesti. Jazakumullahu khairan inspirasinya :). Di zaman sekarang, membuat carang gesing udah dimodifikasi. Jadi carang gesing rotilah, dan penyajiannya juga sudah modern dengan wadah aluminium foil. Tapi saya tetap cinta yang pakai daun pisang, karena aroma khasnya itulah yang bikin beda rasanya. Kalau pakai aluminium foil jadi mirip puding aja, hihii.


Resep Carang Gesing

Bahan:

1. 1 sisir pisang raja yang matang sekali, potong-potong 1/2 cm.
2. 500 ml santan
3. 500 ml susu cair
4. 5 butir telur ayam
5. 200 gram gula pasir (kalau kurang suka manis bisa dikurangi)
6. 1/2 sdt garam
7. 1/2 sdt vanili
8. Daun pandang, potong potong
9. Daun pisang/wadah alumunium foil 

Cara Membuat :

1. Campur semua bahan kecuali daun pandan. Aduk rata hingga gula larut.
2. Tuang adonan ke dalam wadah alumunium foil yang dialas daun pisang atau bungkus dengan daun pisang. Beri pandan terlebih dulu supaya wangi.
3. Kukus hingga matang sekitar 20 menit.
4. Sajikan dingin lebih nikmat.

Selamat Mencoba ^_^


With Love








post signature

No comments: