Es Krim Goreng



Bismillah

Sengaja disisihkan sedikit es krim strawberry kemarin supaya dikreasikan jadi es krim goreng. Es krim goreng? Apaan tu...
Namanya memang es krim goreng, tapi bukan es krim yang digoreng. Lebih tepatnya es krim dalam roti goreng. Kok bisa? Bisa dong. Nggak meleleh kok es krimnya, gorengnya juga cepet. Saya goreng sekitar 30 detik. Resep yang saya pakai ini "versi amannya"teman-teman. Lebih ribet sedikit dari resep biasa, tapi insyaAllah kita nggak kawatir es krimnya meleleh. Kuncinya pelapisnya yang dingin dan lebih tebal sedikit aja dari resep biasa. Malahan mirip dengan es krim goreng yang pertama kali saya coba. Waktu itu nggak sengaja diajak temen kampus beli es krim goreng di resto. Sempat merasa ajib aja, kok bisa ya es krimnya nggak meleleh, padahal kan rotinya digoreng. 



Aslinya resep es krim goreng itu bukan es krim dalam roti goreng, tapi beneran es krim yang digoreng lho. Es krim goreng adalah sebuah makanan penutup berupa es krim yang digoreng. Es krim goreng memiliki varian Amerika Utara dan Asia.

Makanan ini dibuat dengan mengambil satu sendok es krim yang sangat dingin dan terjaga suhunya, dan diolesi dengan telur mentah, digulingkan dengan cornflakes atau remah-remah biskuit, dan digoreng dalam waktu sebentar. Suhu es krim yang sangat dingin tidak akan membuatnya meleleh saat digoreng. Setelah selesai digoreng, es krim ini diberi kayu manis, gula atau sedikit sentuhan daun mint, walaupun krim kocok dan madu kadang juga ditambahkan.

Walaupun kuning telur di es krim goreng digoreng, telur itu masih mentah dikarenakan suhu es krim yang sangat rendah. Jika telur itu tidak dimasak atau disimpan dengan baik, maka pemakannya akan mengalami keracunan salmonella- wikipedia. Makanya dalam perkembangannya, diganti dengan roti sebagai pelapisnya. Penasaran pengen membuktikan resepnya? Coba yuk. Mudah insyaAllah dan hasilnya memuaskan. Dalam resep disimpan 24 jam, kalau saya kira-kira 5 jamsaja karena suhu freezernya udah dingin banged. Saya juga menggunakan tepung panir homemade dari roti yang dihaluskan. Berikut resepnya.


Resep Es Krim Goreng
Sumber: Mama Gaby - Meinekueche

Bahan:

1. 500 gram es krim
2. Tepung panir secukupnya
3. Minyak goreng secukupnya
4. Roti tawar secukupnya, buang pinggirannya
5. Kantong plastik / cling wrap


Bahan Pencelup :

1. 1 butir telur
2. 200 gram tepung terigu,ayak
3. 150 ml air
4. 1/4 sdt garam

Bahan Taburan :

DCC parut secukupnya

Cara Membuat :

1. Gilas roti tawar dengan rolling pin sampai tipis rata, tp jgn terlalu ketipisan,sisihkan
2. Bentuk es krim menjadi bola-bola, kemudian  taruh 1 bola es krim di atas roti tawar, kemudian di bungkus sampai rapat (di penyet-penyet pinggirnya) sampai berbentuk bola. Kemudian masukkan ke dalam kantong plastik, padatkan (plastik membantu roti berbentuk bulat, ya ga terlalu bulat sih,tapi setidaknya es krimnya ketutup dengan roti),ikat kantong plastiknya. Masukkan ke freezer semalaman.
3. Hari berikutnya, mix telur, air dan garam sampai rata, kemudian masukkan tepung terigu, kocok terus sampai rata
4. Keluarkan bola-bola es krim dari freezer, gulingkan ke kocokan pencelup tadi sampai rata, lalu gulingkan ke tepung roti sampai rata
5. Bungkus lagi dengan kantong plastik, per masing-masing bola es krim tersebut, ikat kantong plastiknya. Masukkan lagi ke freezer selama 24 jam.
6. Panaskan minyak banyak dengan suhu panas,goreng asal dan cepat, sampe berwarna emas kecoklatan...pas ngegoreng, siram bagian atas bola-bola es krim dengan minyak,supaya cepet berwarna emas kecoklatan.
7. Angkat, tiriskan, taburi dcc parut, sajikan segera

Selamat Mencoba ^_^


With Love







post signature

8 comments:

ira guslina said...

Wihh ini pasti butuh keahlian tingkat tinggi.. hihu...
Cantik sekali mba tampilannya. Menggiurkan... sruppp

wian said...

Selama baca, aku sampe melongo dan mikir "kok bisa ya gak meleleh?"
Pengen nyobain deh.
Berarti ini setelah di goreng, harus langsung dihabiskan ya mba? klo gak langsung habis, bisa meleleh es nya?

selma alan said...

Nggak mbak..ini mudah kok..coba deh..dicoba dulu baru ilang penasarannya...makasi mbak udah berkunjung :)

selma alan said...

Sama mbak..dulu waktu pertama kali makan saya juga melongo maksimal...heran aja kok bisa ya...ternyata mudah kok mbak buatnya..coba deh...
Bisa disimpan mbak..masukin tuperware ke dalam kulkas...cuma nanti agak dingin jadinya luarnya...kalau abis digoreng makannya kan anget krispi. Makanya lebih bagus goreng sesaat ingin dimakan

Winda Carmelita said...

Pengen nyobain deh hehehe aku liatnya kemlecer Mak.

selma alan said...

Yuk mak cobain...ini enak bangeddd..hehe
Makasi kunjungannya

selma alan said...

Yuk mak cobain...ini enak bangeddd..hehe
Makasi kunjungannya

selma alan said...

Yuk mao cobain..ini enak bangedd..hehee..makasi kunjungannya